PULTA LITBANG PENGELOLAAN MINERAL STRATEGIS UNTUK PEMENUHAN BAHAN BAKU INDHAN TA.2024 DI PT. CITRA SHIPYARD BATAM

Wednesday, 21 August 2024

Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan, Brigjen TNI Slamet Riyadi, S.Sos., M.Si. dan tim pokja melaksanakan pengumpulan data dan pengambilan sampel bahan baku produksi kapal KAL 28 dan PC. 40 di PT Citra Shipyard. Kegiatan penelitian dan pengembangan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 23 Februari 2024. Sampel bahan baku yang diperoleh adalah bahan baku hull, platfoam, rilling, piping dan propellan.

PT. Citra Shipyard Batam adalah salah satu galangan kapal dengan layanan terpadu terbesar di industri maritim lokal dan mengoperasikan dua galangan kapal. Galangan kapal di Kabil memiliki luas 42 hektar, sedangkan galangan kapal lainnya di Kampung Becek mencakup 24 hektar. Kedua galangan kapal tersebut dilengkapi dengan ruang dermaga, bengkel untuk berbagai perdagangan, area yang luas untuk membangun Tongkang, CPO, SPOB dan Kapal Tunda baru.

Belum tersedianya data Bahan Baku Produk Alutsista Dalam Negeri sebagai basis Hilirisasi Mineral serta ketergantungan materiil impor, ini menjadi latar belakang perlunya penelitian. Dari hasil penelitian di PT Citra Shipyard diperoleh informasi dari narasumber kadiv operasional dan tim engineering terkait supply bahan baku dan aluminium sebagai bahan dasar utama. Data yang diperoleh sudah diteliti secara seksama di laboratorium material hingga diperoleh data kualitatif dan kuantitatif yaitu nama mineral dan kandungan dalam prosentase atau juga disebut komposisi kimia bahan baku.

Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi salah satu bahan rujukan dalam pengambilan kebijakan bagi pengambil kebijakan terkait pemanfaatan dan pemenuhan bahan baku mineral dalam mendukung pengembangan Industri Pertahanan di Indonesia di masa yang akan datang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia