WORKSHOP SISHANNEG ESELON IV KEMHAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN TRANFORMASI KINERJA DI ERA DIGITAL

Tuesday, 13 August 2024

Di era digital yang penuh dengan perubahan dan tantangan, Kementerian Pertahanan (Kemhan) dituntut untuk beradaptasi dan bertransformasi agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. Salah satu kunci utama dalam mencapai transformasi tersebut adalah dengan memperkuat sinergitas dan koordinasi antar Pejabat Eselon IV di lingkungan Kemhan. Hal ini mengingat bahwa Pejabat Eselon IV merupakan bagian dari tulang punggung organisasi yang memliki peran penting dalam mewujudkan pertahanan negara yang tangguh.

Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut di atas, dan untuk meningkatkan kualitas SDM Pejabat Eselon IV di lingkungan Kemhan, Badiklat Kemhan menyelenggarakan Workshop Sishanneg Eselon IV Kemhan TA. 2024. Tujuan utama dari penyelenggaraan Workshop ini adalah meningkatkan pemahaman tentang pentingnya sinergitas dan koordinasi, mengembangkan strategi dan mekanisme yang efektif, serta membangun budaya kerja yang kondusif, yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang lebih besar yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bidang pertahanan negara. Beberapa materi penting yang di terima peserta workshop antara lain: Organisasi dan Tata Kerja; Implementasi aplikasi SPBE dan Inovasi Digitalisasi Pelayanan; Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP), Reformasi Birokrasi di lingkungan Kemhan.

Tujuan selanjutnya dari workshop ini adalah sebagai sarana efektif untuk meningkatkan kompetensi Pejabat Esselon IV sesuai jabatan pada levelnya, sekaligus membantu meningkatkan pengetahuan dan teknis tentang pemahaman organisasi lingkungan kerja, kepemimpinan, manajemen waktu, komunikasi dan kemampuan teknis lainnya, selain itu juga dimanfaatkan sebagai wahana silaturahmi dan komunikasi antar Pejabat Eselon IV Kemhan.

Workshop dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari s.d. 1 Maret 2024 dengan metode Ceramah, Diskusi dan Studi Kasus. Penyelenggara Workshop adalah Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Peserta dari Sub Satker Balitbang Kemhan dua orang yakni Penata III/c, Deden Ependi, S.T., M.Sc, dari Puslitbang Strahan dan Penata Tk. I III/d, Sri Wahyuni, S.E., dari Puslitbang Sumdahan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia