Balitbang Ikuti Bimbingan Teknis Penyusunan RKA K/L TA.2025

Monday, 12 August 2024

Personel Balitbang Kemhan yang terdiri dari Kasubbag Progjagar, Kasubbag TU Puslitbang dan Operator Aplikasi Sakti Balitbang Kemhan melaksanakan Bimbingan Teknik di Gedung Urip Sumoharjo Kementerian Pertahanan Jl. Merdeka Barat Jakarta Pusat, dalam rangka penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Jangka Pendek tahunan RKA K/L UO Kemhan berdasarkan Pagu Anggaran TA. 2025.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan input data detail RKA K/L pada Aplikasi Sakti Kemenkeu yang berdasarkan pada Pagu Anggaran Balitbang Kemhan TA. 2025 yang sudah diterbitkan oleh Sekjen Kemhan.

Beberapa kebijakan belanja Tahun 2025 yang dijelaskan oleh Bapak Suryadi, S.E., M.Si. Kasubdit Anggaran Bidang Pertahanan dan Keamanan Kemkeu adalah:

  1. Kualitas belanja yang lebih efisien, efektif, dan akuntabel (operasional, jaldis, paket meeting dan honor);

  2. Pemanfaatan Belanja K/L sesuai dengan Tema dan Arah Kebijakan RKP serta Tema Kebijakan Fiskal TA 2025;

  3. Mengoptimalkan penggunaan komponen/produk dalam negeri;

  4. Memastikan pencantuman Priorotas Nasional dan rinciannya pada RKA K/L, apabila terdapat perubahan Prioritas Nasional dilakukan dengan persetujuan Kementerian Bappenas dan Kemenkeu;

  5. Anggaran yang bersumber dari Pinjaman Luar Negeri dan Pinjaman Dalam Negeri merupakan batas tertinggi yang menjadi dasar penarikan proyek pada tahun anggaran 2025;

  6. Memastikan agar pengalokasian anggaran lebih berkualitas (spending better);

  7. Fokus pada prioritas dan orientasi pada hasil (result based); dan

  8. Belanja modal difokuskan untuk mendukung transformasi ekonomi.

 

 

 

 

 

 

 

Adanya perubahan Input Rekam Data SBM 2024 dengan 2025, dimana perubahan pada Modul Penganggaran bagian dari SAKTI untuk penyusunan input rekam data RKA tahun 2025 data SBM secara sistem akan muncul sendiri otomatis.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia