HIJAU KANTORKU HEMAT BELANJAKU

Wednesday, 7 August 2024

Sepotong kalimat dari lagu lama yang dinyanyikan Koes Ploes “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”. Sebuah kalimat yang memberikan keyakinan bahwa apapun yang kita tanam akan tumbuh besar dan memberikan manfaat. Tempat menanam tidak terbatas hanya di sawah atau di ladang saja, namun dimana ada tempat kosong disitu dapat ditanam. Sama halnya dengan kantor Balitbang Kemhan yang berada di Pondok Labu, Cilandak Jakarta Selatan, di salah satu gedung terdapat Rooftop yang dapat diberdayakan menjadi lahan pertanian.

Dengan kemauan dan kreatifitas yang ulet, tempat tersebut dapat disulap menjadi lahan pertanian yang hijau dengan disparitas tanaman yang berguna. Rooftop tersebut telah ditanami dan tumbuh subur dengan tanaman Terong ungu, Tomat buah dan Cabe Rawit. Tanaman tersebut sangat familiar dan merupakan kebutuhan sehari-hari bagi para ibu rumah tangga. Tanaman-tanaman ini juga cukup mudah untuk dipelihara dan dapat dilakukan oleh siapapun. Dengan pemanfaatan gallon bekas Le Minerale yang hampir digunakan oleh seluruh personel Balitbang Kemhan, lahan dan tanaman tersebut telah terbukti menghiasi perkantoran Balitbang Kemhan.

Terong dan Tomat dapat dipanen 60 Hari Setalah Tanam (HST), sedang Cabe Rawit 90 HST dengan perawatan yang intensif baik penyiraman rutin, pemupukan dan pembersihan dari gulma. Tanaman di Rooftop Gedung Abd. Rahman Saleh Balitbang ditanam pada tanggal 27 Mei 2024 dan telah dipanen perdana pada tanggal 26 Juli 2024 untuk tanaman Terong dan Tomat, sedangkan Cabe Rawit diperkirakan panen pada akhir Agustus 2024.

Pemberdayaan tempat kosong tersebut menjadikan Rooftop menjadi hijau dan berdampak pada banyaknya fauna yang berdatangan seperti burung, kupu-kupu, lebah dan lainnya. Tanggal 2 Juli 2024 Ibu-ibu APN Balitbang Kemhan melaksanakan Panen Bersama untuk Terong dan Tomat. Hasil panen.

Penulis : Kol. Zaenal Mustofa dan Tati Herlia




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia