BAHAN MATERI KEGIATAN BID SDM PUSLITBANG SUMDAHAN TA 2022 PROGRAM STUDI PENYUSUNAN POLA PEMBENTUKAN KOMPONEN CADANGAN (STUDI KOMPARASI PROGRAM BELA NEGARA di KOREA SELATAN)

Wednesday, 24 July 2024

Situasi Pandemi wabah Covid-19 masih belum selesai pada saat pelaksanaan kegiatan penelitian ini, tetapi kegiatan ini tetap berjalan dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan covid-19. Program “Studi Penyusunan Pola Pembentukan Komponen Cadangan (Studi Komparasi Program Bela Negara di Korea Selatan) bertujuan untuk memberi solusi dan strategi pembinaan dengan cara membandingkan sistem Pembentukan, Pembinaan, Penggunaan dan Pengembangan Komcad. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan diskusi dan penyebaran kuesioner baik dalam negeri maupun luar negeri. Di dalam negri pengumpulan data dilaksanakan ke Rindam Jaya pada tanggal 20 Januari 2022 yang dipimpin oleh Kabid SDM, dan diterima oleh Wandan Rindam kemudian dilaksanakan diskusi dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya pengumpulan data dilaksanakan ke Pusdiklat Bela Negara pada tanggal 2 Maret 2022 dan diterima oleh Kapusdiklat Bela Negara. Setelah melaksanakan kunjungan ke Pusdiklat dilanjutkan FGD pertama yang bertempat di aula rapat Gd. Ir. H Djuanda lantai 5 Balitbang Kemhan. Dalam pelaksanaan FGD pertama Prof. Anak Agung Gede Perwita, P.Hd dan Dr. Nugraha dari Universitas Indonesia menjadi narasumber dan undangan yang hadir diantara dari Ster TNI, Ster Mabes AD, Spotmaral Mabesal dan Spotdirga Mabesau TNI serta peserta dari lingkungan Balitbang. Dilanjutkan dengan pengumpulan data ke luar negeri berkunjungan ke Korea Selatan (kantor kedutaan, Musium perang, Ministry of National Defense (MND), Dislokasi anggota militer yang mengikuti wajib militer dan Lembaga rekruitmen dan pendidikan Wamil (MMA). FGD ke dua dilaksanakan pada tanggal 7 September 2022 bertempat di Abdul Rahman Saleh lantai 3 Balitbang Kemhan, Dr. Hidayat, S.IP, S.H, M.Si (Analis Kebijakan Madya Ditjen HAM Kemenkumham) dan Kolonel Czi Dolli Hutabarat S.Sos, M.Si (Kasubdit Anstra Ditrah Komhan Ditjen Strahan Kemhan) sebagai narasumer dan peserta undangan dari Kemen PAN, Kemendagri, Kemenaker, Kementerian BUMN dan Apindo serta dari lingkungan Balitbang Kemhan.

Uraian kegiatan diatas yang dimulai dari kunjungan ke Rindam Jaya, Pusdiklat Bela Negara, FGD Pertama, kunjungan ke Korea Selatan, FGD ke dua merupakan Kegiatan Bid SDM TA 2022 yang bertujuan untuk mendapatkan informasasi dan data demi tercapainya penulisan naskah program studi penyusunan pola pembentukan komponen cadangan (studi komparasi program bela negara di Korea Selatan) yang dibuat.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia