Kegiatan Forum Group Discussion (FGD II) “Analisa Lingstra Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara” di Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan

Thursday, 13 June 2024

Pada hari Rabu (12/06/2024) Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Budi Setiawan membuka acara Forum Group Discussion II dengan tema “Analisa Lingstra Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara”. Pada kegiatan FGD ini dihadiri oleh Tim Pokja serta Narasumber.

Pada rapat FGD II ini Kapuslitbang Starahan Kemhan Brigjen TNI Budi Setiawan menyampaikan bahwa Ibu Kota Negara baru di Nusantara (IKN) harus disiapkan secara matang dan komprehensif dengan mempertimbangkan aspek – aspek fundamental. Salah satunya adalah aspek Pertahanan Negara yang sangat penting dan strategis dalam rangka melindungi keamanan Ibu Kota dari segala ancaman.

Dinamika perkembangan lingkungan Strategis yang kompleks, cepat dan sulit diprediksi baik dalam lingkup global, regional dan nasional saat ini mengharuskan Indonesia memiliki konsep Pertahanan yang kuat dan modern. Dalam rapat FGD ini disimpulkan bahwa Ibu Kota memiliki peran strategis dalam keamanan dan stabilitas suatu negara.  Fungsi Ibu Kota Negara tidak hanya terbatas pada administrasi pemerintahan, tetapi juga menjadi pusat penting untuk perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan strategi Pertahanan Nasional.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia