UJI STATIS LITBANG PENGEMBANGAN ROKET JARAK 100 KM GROUND TO GROUND R-HAN 450 TAHAP II-IV (BALITBANG KEMHAN, PT. DAHANA DAN PUSTEK ROKET ORPA BRIN/LAPAN)

Thursday, 27 October 2022

Jakarta, Senin (24/10/2022) Balitbang Kemhan melaksanakan Kegiatan Uji StatisLitbang Pengembangan Roket Jarak 100 KM Ground to Ground R-Han 450 dilaksanakan bekerja sama dengan PT. Dahana yang menyertakan Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN, pada tanggal 20 Oktober 2022 di Balai Uji Teknologi Pengamatan Antariksa dan Atmosfir BRIN Kawasan Santolo Pemeungpeuk Garut, Jawa Barat. Tujuan dari kegiatan uji statis ini adalah sebagai lanjutan dari uji performa propelan yang bertujuan untuk mengetahui performance dan karakteristik Roket R-Han 450, sehingga diperoleh kestabilan dan keamanan sebelum dilaksanakan uji dinamis/terbang. Untuk menyiapkan pelaksanaan uji dinamis/terbang Roket R-Han 450.

Pelaksanaan Uji statis pada kesempatan ini dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan yaitu: Marsda (Purn) Julexi Tambayong, Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T. M.T. Para Kapuslitbang Balitbang Kemhan, Irjen Kemhan, Pussenarmed Kodiklatad, Puspalad, Unhan, Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos. M.I.P (selaku ketua Pangiat), peneliti Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, turut serta dalam kegiatan tersebut Bapak Suhendra Yusuf Ratu Prawiranegara Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dahana beserta Tim Teknis PT Dahana dan Dr. Mego Pinandito, M.Eng, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN beserta Tim dari Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN (LAPAN), serta melibatkan tokoh masyarakat, Muspika kecamatan Pameungpeuk, Polsek, Koramil, Unit Damkar, Puskesmas dan satuan Angkatan Udara yang berada di wilayah Pameungpeuk. Adapun rangkaian kegiatan uji statis Roket R-Han 450 yaitu Peninjauan kesiapan Uji Statis, Sambutan-sambutan, Paparan Kesiapan Uji Statis oleh Dr Rika Andiarti, Doa dan Rangkaian Pelaksanaan Uji statis. Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kegiatan Uji Statis dapat berjalan lancar dan Aman.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia