SEMINAR LITBANG PREDIKSI ANCAMAN TERHADAP NKRI DALAM LIMA TAHUN KE DEPAN

Tuesday, 22 October 2019

Jakarta, Selasa (22/10/2019). Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar Litbang Prediksi Ancaman Terhadap NKRI Dalam Lima Tahun ke Depan, yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Sesbalitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksamana Pertama TNI Arief Harnanto, S.T., M.Eng., Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Martono, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si. (Han), Dirjakstrahan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Bonifasius Widiyanto S., S.Pd., M.M., para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan undangan. Sebagai narasumber adalah Kolonel laut (K) Amin Amrullah, B.Sc. dari BAIS TNI, Kolonel Caj Drs. Luma Sahap Maranata, M.A. dari Bainstrahan Kemhan, Peneliti pertama Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Andhika Dwi Damayanti, S.IP., M.M., dan sebagai moderator Peneliti madya Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Kolonel laut (KH) Drs. Jaka Prasetya M.Si. (Han).

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sesbalitbang Kemhan mengatakan, bahwa ancaman merupakan faktor utama yang menjadi dasar dalam penyusunan strategi pertahanan negara. Oleh karena itu diperlukan proses penelitian yang bertujuan untuk menganalisa dan memperkirakan ancaman melalui upaya pencarian terhadap sejumlah faktor yang dapat dikategorikan sebagai ancaman berdasarkan data, fakta serta kecenderungan perkembangan lingkungan strategis.

Lebih lanjut Kabalitbang menjelaskan, bahwa terdapat potensi-potensi ancaman yang diprediksi akan terjadi dalam lima tahun ke depan berdasarkan kemungkinan dan dampak risiko ancaman militer, ancaman nonmiliter maupun ancaman hibrida. Walaupun hasil prediksi ancaman tidak menjamin derajat maupun peluang terjadinya secara menyeluruh namun diharapkan melalui penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh hasil prediksi yang mencapai tingkat kesesuain dan kematangan secara memadai sehingga kelemahan-kelemahan yang mengakibatkan melesetnya peramalan dapat diminalisir.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih kepada pembicara, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya demi kepentingan bangsa dan negara. Kepada seluruh pendukung kegiatan dan panitia pelaksana seminar ini, kami ucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya hingga sampai pada tingkat pelaksanaan seminar hari ini.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia