UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 90 TAHUN 2018 DI LINGKUNGAN SATKER PONDOK LABU

Monday, 29 October 2018

SP 500x300

Jakarta, Senin (29/10/2018). Satker dan Subsatker Kemhan di wilayah Pondok Labu melaksanakan upacara bendera mingguan yang dilaksanakan di lapangan Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksamana Pertama TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc., MMDS., MA., diikuti seluruh anggota satker dan subsatker Kemhan di wilayah Pondok Labu serta siswa Badiklat Kemhan.

Dalam amanatnya, Irup menyampaikan bahwa pada hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda Ke-90 tahun 2018, dengan tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka negara kesatuan RI.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, Irup menyampaikan pesatnya perkembangan teknologi informasi, ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan kecepatan informasi namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari Hoax, Hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Mengakhiri amanatnya, Inspektur upacara berpesan kepada personel Kemhan dan siswa Badiklat Kemhan, tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif, untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum nanti sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia