PELATIHAN BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI TA. 2018 DI LINGKUNGAN BALITBANG KEMHAN

Wednesday, 12 September 2018

500x300

Jakarta, Rabu (12/09/2018). Balitbang Kemhan menyelenggarakan bimbingan teknologi informasi tentang “Manajemen Jurnal Ilmiah Elektronik Bereputasi Internasional yang Terindeks Directory of Open Access Journal”. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 12 s.d. 18 September 2018 di Rupatama Lt. 5 Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Acara dibuka oleh Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.T., M.Si (Han) yang mewakili Kabalitbang Kemhan, dan dihadiri para pejabat Eselon III dan IV serta diikuti peserta bimbingan dari anggota Balitbang Kemhan. Kegiatan bimbingan teknologi informasi menghadirkan nara sumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yaitu Bapak Sjaeful Afandi, S.T., M.P., Bapak Seno Yudhanto, S.Hum, dan Bapak Wahid Nashihuddin, S.IP.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan mengatakan, bahwa pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah berbasis elektronik memungkinkan semua proses pengelolaan, mulai dari pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan secara elektronik dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan jurnal elektronik (e-journal). Dengan sistem tersebut proses indeks dan dampak ilmiah atau sitasi suatu tulisan dapat diketahui dengan cepat sehingga manfaat dari suatu karya tulis ilmiah dapat diketahui segera.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa terdapat tiga permasalahan umum yang dihadapi para pengelola terbitan berkala ilmiah yaitu:

1). Ketersediaan naskah bermutu,

2). Pengelolaan jurnal ilmiah yang tidak standar sebagaimana yang diminta oleh lembaga akreditasi dan pengindeks, dan

3). Keberlanjutan pengelolaan jurnal ilmiah.

Dengan dipublikasikannya hasil penelitian pada terbitan berkala ilmiah, peneliti akan mendapatkan banyak masukan dan sekaligus kesempatan untuk lebih mengembangkan penelitian pada masa-masa mendatang.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengharapkan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh di dalam mengikuti bimbingan teknologi agar mampu menyerap materi yang diberikan oleh pengajar dengan baik dan pelaksanaan kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya pembinaan kemampuan personel Balitbang Kemhan di bidang teknologi informasi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia