BALITBANG KEMHAN MENYELENGGARAKAN FORUM KOMUNIKASI LITBANG PERTAHANAN KE-27 TAHUN 2016

Wednesday, 23 November 2016

forkom

Bandung, Kamis (17/11/2016). Balitbang Kemhan menyelenggarakan Forum Komunikasi Litbang Pertahanan ke-27 yang dilaksanakan di gedung ruang auditorium pasca sarjana FIKOM, Universitas Padjadjaran, Bandung. Acara dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Ibu Dr. Anne Kusmayati, M.Sc., Rektor Universitas Padjadjaran, pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, pejabat lembaga litbang Kementerian dan Non Kementerian serta perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Diawali keynote speech Menteri Pertahanan yang dibacakan oleh Kabalitbang Kemhan Ibu Dr. Anne Kusmayati, M.Sc. menyampaikan, bahwa konflik Laut Cina Selatan merupakan isu keamanan regional yang hingga kini masih belum mencapai titik penyelesaian, serta rawan mengganggu stabilitas kawasan di masa yang akan datang. Walaupun Indonesia tidak terlibat langsung namun berdasarkan sembilan garis terputus-putus Cina berpotensi ancaman bagi kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena garis tersebut melewati Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di kepulauan Natuna.

Kemudian disampaikan oleh Menhan, agar pelaksanaan forkom litbanghan ini bermanfaat dalam mencari solusi permasalahan yang dihadapi bangsa kita dan didiskusikan bersama untuk mencari terobosan-terobosan baru, serta solusi yang tepat dalam memecahkan permasalahan Laut Cina Selatan secara damai guna membangun kepulauan Natuna.

Pada akhir keynote speech nya, Menhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor Universitas Padjadjaran beserta jajarannya, yang telah berkenan sebagai tuan rumah guna kegiatan Forum Komunikasi Litbang Pertahanan ke-27 dan berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dalam menyikapi permasalahan Laut Cina Selatan terhadap kedaulatan NKRI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia