TIM PENELITI PUSLITBANG SUMDAHAN BALITBANG KEMHAN DI PT. DIRGANTARA INDONESIA DAN PT. LEN INDUSTRI (PERSERO)

Wednesday, 2 October 2024

Pada tanggal 13 Mei 2024 Tim Pokja penelitian bahan baku Industri yang dipimpin oleh Kolonel Arm. Sudirman, S.I.P., melaksanakan penelitian ke PT. Dirgantara Indonesia. Tim disambut oleh Ir. D. Junitu Tikupasang, M.T selaku Kepala Divisi Pusat Teknologi PT. Dirgantara Indonesia, beserta tim Engineering PT. DI Bandung .

Kegiatan penelitian merupakan bentuk dukungan terhadap program hilirisasi industri pertahanan di PT.Dirgantara Indonesia. Data yang ingin diperoleh adalah terkait bahan baku pesawat CN235 dan Heli bell 412 EP. Hasil berupa sampel bahan baku akan diteliti dilaboratorium untuk mendapatkan komposisi kimianya sebagai referensi kegiatan reverse engineering bahan baku. Ekosistem Industri bahan baku akan diusulkan dibentuk berdasarkan hasil uji laboratorium dimaksud untuk riset dalam rangka pemenuhan bahan baku secara mandiri.

Penelitian di PT. Len Industri (Persero) tim peneliti disambut oleh Manajemen PT. Len Industri (Persero) ibu Tri Handayani, S.Si., M.Han, Market Development, Intellectual Property, & Industrial Policy Management Senior Officer beserta staf. Ketua Tim menjelaskan tujuan penelitian untuk mendorong peningkatan nilai tambah mineral bahan baku melalui hilirisasi. Penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaat maksimal terhadap pertumbuhan industri dan ekonomi Indonesia. Dalam rangka mewujudkan kemajuan bidang Industri dan ekonomi Kemhan berkolaborasi stakeholder terkait.

Ibu Tri Handayani, S.Si., M.Han. dari pihak manajemen PT. Len Industri (Persero) mendukung program dari Bid SDAB Puslitbang Sumdahan ini untuk memanfaatkan sumber daya alam menjadi bahan pembuatan produk Industri Pertahanan khususnya solar cell. Produk PT. Len Industri (Persero) yang sedang dikembangkan diantaranya elektronika pertahanan, energi dan sumber daya, teknik navigasi dan sistem transportasi. Namun dalam penelitian ini PT. Len Industri (Persero) hanya memberikan sampel bahan baku solar cell untuk diuji komposisi kimianya dan diupayakan tidak lanjut pemenuhannya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia