FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) BIDANG SDM PUSLITBANG SUMDAHAN

Tuesday, 24 September 2024

Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Afson Riswandi Sirait, S.E., M.Pd. Membuka Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pengelolaan Komponen Pendukung SDM Untuk Pertahanan Negara Dalam Rangka Mewujudkan Sishankamrata Menghadapi Tantangan dan Ancaman Global, dengan menghadirkan narasumber: Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D (Universitas Pertahanan), Dr. DKS. Nugraha, SP., M.Si., M.BA, GSC. (CSDS UI), Dr. Drajat Wisnu Setyawan, M.M (Kemendagri), Dr. Ir. Irawati Tjipto Priyanti, M.T. (Kominfo), dan Indra Adi Putra, S. ST., M.M (BSSN).Dan sebagai penanggap diundang dari beberapa instansi yaitu: Lemhanas, Pushansiber, Pusterad, Kemenkopolhukam, Pusdatin Kemhan, Pothan Kemhan, Ster TNI, Kesbangpol DKI, UPN “Veteran” Jakarta, Bainstrahan Kemhan, Kemendagri, dan Kemnaker.FGD yang dilaksanakan pada tanggal 04 September 2024 dari pagi sampai siang hari menghasilkan:

  1. Di dalam pengelolaan SDM komponen pendukung yang meliputi penataan dan pembinaan merupakan proses yang sangat panjang.

  2. Kebutuhan aksi nyata seperti prototype dan simulasi akan memudahkan temuan yang sifatnya sebagai hambatan.

  3. Rencana aksi bela negara di daerah sangat penting dan memerlukan atensi dalam anggaran yang nyata.

  4. SDM komduk ke depan dihadapkan pada tantangan siber (budaya digital penting untuk peningkatan kapasitas SDM yang dilakukan secara terus menerus melalui pelatihan. Perlunya peningkatan kapasitas teknologi dan optimalisasi CSIRT secara kelembagaan.

  5. BSSN membuka program (Voluntary Vulnerability Identification and Protection Program (VVIP), yang mana ini berfungsi untuk menurunkan tingkat risiko terjadinya insiden siber di Indonesia dan meningkatkan keamanan ruang siber di Indonesia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia