MOTIVASI KAPUSLITBANG IPTEKHAN GUNA MENDORONG IMPLEMENTASI HASIL LITBANG YANG HANDAL DAN TANGGUH

Friday, 20 September 2024

Marsma TNI S. Arief Hardoyo, ST, M.IT, M.Sc perkuat jajaran peneliti dan perekayasa serta Analis Pertahanan Negara Madya di rupat lantai 4 Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Jl.Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan, pada hari Kamis tanggal 5 Septembar 2024. Agenda kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pada kesiapan percepatan alutsista pertahanan produksi dalam negeri melalui reverse engineering, Transfer of Technology (ToT), akuisisi Iptek alutsista sebagai wujud nyata dalam memajukan industri pertahanan kedepan.

Puslitbang Iptekhan salah satu sub Satker di bawah Balitbang Kemhan memiliki fungsi melaksanakan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan, Invensi dan Inovasi yang menargetkan capaian Tingkat Kesiapan penerapan Teknologi dengan mengedepankan terhimpunnya data dari setiap kegiatan Litbang, guna memudahkan pemetaan potensi ke arah hilirisasi dari hasil Litbang, karena Litbang juga dapat diarahkan untuk menghasilkan produk-produk inovasi dan respon cepat terhadap setiap kebutuhan pertahanan.

Menyadari pentingnya peran penelitian dan pengembangan, Kapuslitbang Iptekhan terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan mutu bagi peneliti, perekayasa dan APN Madya nya. Strategi yang dilakukan yaitu dengan memberikan pembinaan lebih luas dalam pengelolaan teknis prosedur litbang yang baik dan benar kepada setiap pelaku Litbang. Menyadari bahwa perbaikan mutu akan mampu mendorong peningkatan daya saing dan meneguhkan deterent effect negara lain. Oleh karena itu Puslitbang Iptekhan memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan mutu dan kuantitas hasil litbang. Hasil Litbang Iptekhan diharapkan bermanfaat untuk peningkatkan kemandirian, kemajuan, dan daya saing bangsa, pemenuhan kebutuhan strategis dan pergeseran Litbang Iptek pertahanan dari single fighter menjadi kolaborasi dengan mengutamakan system engineering dan military spec.

Salah satu tujuan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pertahanan yaitu meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa yang bermakna bahwa Pusiptekhan sebagai salah satu Pusat Iptek pertahanan yang didukung oleh lembaga Litbang, Akademisi dan Bisnis harus lebih terdorong dan difasilitasi untuk dapat menghasilkan lebih banyak lagi invensi dan inovasi yang menghasilkan hilirisasi teknologi tepat guna, menciptakan nilai tambah, serta dapat meningkatkan produksi dan penggunaan komponen dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor, dengan beralih pada peningkatan industri pertahanan dengan capaian military standar tertentu. Agar tujuan dan standar Litbang dapat dicapai maka dorongan dan fasilitas serta perlunya kerja sama dengan berbagai lembaga mitra, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Seiring dengan semakin kompleks dan luasnya cakupan pelaksanaan Litbang saat ini. Sistem pengelolaan penelitian berbasis teknologi diperlukan agar dapat dikelola dengan baik dan benar transparansi, efisiensi dan akuntabilitas agar dapat dijamin mutu dan kualitasnya, sehingga pengukuran dan penetapan tingkat kesiapan teknologi penelitian menghasilkan prinsip dasar dari teknologi, formulasi konsep dan/atau aplikasi teknologi, sehingga pembuktian konsep (proof-of-concept) fungsi dan/atau karakteristik yang penting secara analitis dan eksperimental dapat terbukti , sehingga sasaran akhir dari Litbang pertahanan dengan dihasilkannya inovasi teknologi pada bidang-bidang unggulan (frontier) dan rekayasa guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional dapat dilakukan secara multilateral atau dalam bentuk konsorsium.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kabid Daya Gerak, Kabid Daya Tempur, Peneliti dan Perekayasa Madya dan Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan dan Penata III/c Andhika.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia