MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MELAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI BALITBANG KEMHAN

Monday, 9 September 2024

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan mempunyai tugas melakukan penelitian dan pengembangan dibidang strategi, sumber daya, ilmu pengetahuan dan teknolgi dan alat pertahanan. Disamping itu mempuyai tugas pelayanan informasi kepada masyarakat dalam bidang Litbang Pertahanan. Balitbang Kemhan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam lingkungan kerja profesional, memperdalam pengetahuan akademis mereka, serta berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan litbang yang relevan dengan kebutuhan strategis pertahanan negara.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mempunyai tugas mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan profesional di era global.” terutama pada sektor informasi teknologi dan ancaman ketidakpastian global. Karena pada saat ini dunia terus berubah secara cepat akibat perkembangan teknologi, dinamika ekonomi dan berbagai faktor geopolitik, hal ini dapat mempengaruhi bursa kerja, kebutuhan keahlian, oleh sebab itu, yang lulusan sarjana perlu memiliki kemampuan beradaptasi, berpikir kritis, inovasi, dan pembelajaran sepanjang hayat untuk bisa bertahan dan berhasil dalam suasana lingkungan yang selalu berubah tersebut.

Guna mendukung hal tersebut diadakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang yang merupakan implementasi dari kurikulum merdeka berlajar. Kegiatan PKL ini dilakukan oleh dua orang mahasiswi UPNVJ Prodi hukum di Balitbang Kemhan. Melihat dari Prodi tersebut maka yang cocok untuk PKL adalah Puslitbang Strahan.

Pelaksanaan PKL dibimbing oleh Eselon III dan IV Puslitbang Strahan dengan kegiatan sebagai berikut:

Diawali dengan perkenalan masing masing peserta dan pembimbing. Selanjutnya peserta diminta mempelajari Tupoksi Puslitbang Strahan. Peserta PKL mendapat bimbingan dalam pekerjaan Litbang seperti, teknis mencari referensi, teknis penulisan judul tulisan ilmiah, landasan teori, metodologi, analisis, pembahasan, kesimpulan dan saran. Berhubung yang PKL dari Prodi hukum maka ditekankan untuk mempraktekan menulis dan menganasilsa sampai kesimpulan dan saran dari dibidang hukum. Selain hal tersebut peserta PKL diikut sertakan dalam kegiatan Balitbang maupun Puslitbang Strahan seperti, seperti dalam kegiatan lepas sambut Kablitbang Kemhan dan FGD di Puslitbang Strahan

Praktek Kerja Lapangan UPN. VJ berjalan lancar dan sesuai harapan. Adapun pelaksanaan PKL dari tanggal 28 Mei sampai dengan 31 Juli 2024, di Puslitbang Strahan, diikuti oleh 2 orang peserta, peserta tersebut yang antusias dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama masa studi. Diharapkan peserta PKL dapat mengimplementasikan teori yang dipelajari dari kampus ke dalam situasi nyata atau dunia kerja, serta mendapatkan wawasan berharga mengenai proses dan tantangan setelah lulus kuliah.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia