PUSLITBANG IPTEKHAN DAN PT. LEN INDUSTRI (PERSERO) GELAR UJI PERFORMANCE UAV DID 3.11 PERTAHANAN DI BANDARA NUSAWIRU

Friday, 6 September 2024

Marsma TNI S. Arief Hardoyo, ST., M.IT., M.Sc menghadiri uji performance DID Unmaned Aerial Vehicle (UAV) 3.11 Pertahanan di Bandara Nusawiru Jawa Barat pada hari Kamis, 29 Agustus 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk menyaksikan secara langsung performance UAV DID 3.11 Pertahanan terhadap proses identifikasi dan analisa karakteristik, Spesification dan Requirement standar minimal yang dibutuhkan sebagai peralatan militer sesuai sistem pertahanan, yang diharapkan akan digunakan di Kemhan dan TNI.

Dalam kegiatan uji performance ini juga, menganalisa tentang validasi konseptual design, system engineering, konsep teknologi yang telah dicapai serta design testing yang akan dilakukan akibat pergeseran fungsi dari civil menjadi military. Disamping menganalisa capaian Techology Readiness Level (TRL) dari pengembangan UAV DID 3.11 Pertahanan yang dilakukan oleh PT Len Industri (Persero) mulai dari kesiapan di bidang strategi pertahahan, sumber daya pertahanan, serta kesiapan teknologi secara khusus yang dikembangkan oleh PT.Len Industri (Persero) dengan target akhir berupa sertifikasi kelaikan Litbang yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan TNI dalam melakukan misi Intelegence, Surveilance, dan Reconaisanse (ISR) serta Combatan.

Uji performance ini merupakan salah satu bentuk implementasi kemajuan perkembangan teknologi dalam negeri guna meningkatkan dan memajukan kemandiran industri pertahanan yang gesit, lincah dan kokoh serta tangguh yang dapat memenuhi requirement Alutsista Pertahanan berbasis exercise proven menuju combat proven. Combat proven UAV ini akan dapat diwujudkan apabila keseluruhan proses Litbang yang telah direncanakan sebelumnya sesuai dengan kaiah-kaidah proses engineering, tahapan Technology Readiness Level (TRL) dan Manufacture Readiness Level (MRL) sebagai pengembangan produk industri pertahanan menuju konsep Central of Exelence. Dan Litbang Kemhan dapat diakui baik nasional maupun internasional.

Selanjutnya Marsma TNI S. Arief Hardoyo, ST.M.IT, M.Sc sebagai Kapus Litbang Iptekhan menyatakan bahwa kegiatan uji performance ini merupakan capaian pengembangan yang berteknologi tinggi yang dilakukan oleh PT. Len Industri (Persero) sebagai terobosan yang baik dalam meningkatkan sistem pertahanan melalui pengembangan teknologi UAV DID 3.11 Pertahanan yang dirancang dengan mengedepankan segi deterrent effect terhadap negara lain. UAV DID 3.11 Pertahanan ini sebagai langkah preventif terhadap salah satu bentuk yang penempatkan sistem pertahanan pada tantangan dalam menghadapi perkembangan kebutuhan teknologi dibidang darat, laut dan udara. Pengembangan teknologi UAV ini bukan pekerjaan yang mudah, memerlukan teknologi tinggi dan terkinian sehingga diperlukan beberapa tenaga expert dibidang aerodynamica, explosive, mechanical engineering, software engineering yang diperlukan dalam rangkaian system engineering guna mewujudkan UAV combatan yang sesuai requirement sehingga harus didukung untuk mewujudkan sistem keamanan yang dibutuhkan oleh Kemhan dan TNI di masa depan.

Turut hadir dalam uji performance UAV DID 3.11 Pertahanan ini yaitu Kolonel Laut (E) Dr. Faried Jaendar Muda,ST., MPP, Kolonel Kes Edy Sujarwo, S.Pd., M.Si, Kolonel Cpl Matusalah Donda, SE., Kolonel Arm Laode Abdul Malik W, S.E., MA, Kolonel Adm Imam Widodo, Kolonel Inf Suwardono, Kolonel Tek Sujono, ST., Kolonel Lek R. Donny Sedyatmoko, Kolonel Tek Febri Eko Hadi P, SE, Letkol Tek Eko Sujatmoko,A.Md, Letkol Adm Ricky Rahmahdansyah ,S.Sos., M.Si, Maulana Randa,ST., M.T., Ph.D dan Tim PT.Len Indutri (Persero) Bandung.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia