RAPAT POKJA PROGRAM KERJA BID SDM STUDI PENGELOLAAN KOMPONEN PENDUKUNG SDM UNTUK PERTAHANAN NEGARA

Wednesday, 4 September 2024

Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan mengadakan kegiatan rapat program kerja Bidang SDM yang yang berjudul” Studi Pengelolaan Komponen Pendukung SDM untuk Pertahanan Negara”.dipimpin oleh Kabid SDM, pada hari Rabu tanggal 15 Agustus 2024 pukul 09.00 sampai dengan selesai, bertempat di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Djuanda. Dalam kegiatan tersebut mengundang narasumber rapat yaitu Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Prodi Diplomasi Pertahanan Unhan dan Kolonel Adm Sulistiyana, S.I.P.,M.M Kasubdit SDM Dit. Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan. Rapat dilaksanakan untuk mendapat masukan, saran dan kritik guna perbaikan terhadap naskah yang sedang disusun oleh tim pokja yang nantinya hasil kajian ini sebagai bahan penyusunan kebijakan komponen pendukung di Ditjen Pothan.

Kolonel Adm Sulistiyana, S.I.P.,M.M menyampaikan dengan adanya kajian ini bisa membantu Ditjen Pothan dalam menyusun kebijakan selanjutnya, terutama di dalam penyusunan peraturannya. Ditjen Pothan tidak bisa bertindak sendiri harus banyak menerima saran masukan dari berbagai institusi, akademisi, termasuk masyarakat pengguna dan pemilik sumber daya manusia yang akan duduk di komponen pendukung.

Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, Swasta yang mampu meningkatkan kekuatan komponen utama dan komponen cadangan maka disebut sebagai potensi komponen pendukung. Ini menjadi bahan Ditjen Pothan yang pada saat ini sedang menyusun rencana strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara berupa Peraturan Presiden. Diharapkan dengan adanya Peraturan Presiden tersebut Kementerian/ lembaga akan dengan sukarela mengikuti aturan karena sudah ada pemahaman yang sama.

Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D, juga menyampaikan rencana strategis yang menjadi basis di dalam kajian ini meliputi pemahaman tentang tantangan dan peluang apabila komponen pendukung terbentuk.

 

 

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia