PERCEPATAN PEMBANGUNAN SABUK PENGAMAN PERBATASAN RI-MALAYSIA DI KALIMANTAN

Friday, 30 August 2024

Sub Satker : Puslitbang Strahan
Katagori Penelitian : Non Material
Sumber Dana : APBN
Mitra Penelitian :Universitas Indonesia
Tahun Penelitian :2015

Abstrak : Kawasan Perbatasan Negara di Kalimantan diprioritaskan untuk kepentingan fungsi pertahanan negara. Pengelolaan  kawasan perbatasan negara (Kecamatan terluar) di Kalimantan disebut dengan “security belt” atau sabuk pengaman perbatasan. 

Sabuk pengaman perbatasan dimaksudkan untuk mendesain konsep pembangunan yang mencakup pengelolaan wilayah perbatasan antar negara secara sinergis dan terintegrasi dengan tujuan mampu menyelaraskan antara pembangunan perekonomian, peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat  dengan kepentingan pertahanan dan keamanan.

Oleh karena itu, pengelolaan wilayah pertahanan di daerah perbatasan negara tidak terlepas dari sistem perencanaan pembangunan yang berlaku secara nasional sehingga pelaksanaan dan penganggaran pembangunan mengacu pada sistem yang berlaku, sehingga perlu dilakukan melalui berbagai kebijakan dan strategi berdasarkan rencana tata ruang wilayah pertahanan serta melibatkan beberapa Kementerian dan Lembaga terkait. Apalagi pada sabuk pengaman perbatasan akan ditetapkan Daerah Prioritas Pertahanan di sepanjang perbatasan.

Melalui penelitian ini akan dibahas mengenai strategi percepatan pembangunan sabuk pengaman.

Kata kunci: sabuk pengaman, tata ruang, wilayah, perbatasan.

Naskah Lengkap : https://docs.google.com/document/d/1wRcyONN-EJopcaUKJNf42ptCmgtwiQKQ/edit?usp=sharing&ouid=100804666870834185745&rtpof=true&sd=true




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia