PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PERTAHANAN NIRMILITER DI WILAYAH PERBATASAN RI-TIMOR LESTE

Friday, 30 August 2024

Sub Satker :Puslitbang Strahan
Katagori Penelitian : Non Material
Sumber Dana : APBN
Mitra Penelitian : UPN Veteran Jakarta
Tahun Penelitian : 2015

Abstrak: Kawasan perbatasan Negara RI-Timor Leste diprioritaskan untuk kepentingan fungsi pertahanan negara. Pertahanan nirmiliter merupakan kekuatan pertahanan negara yang dibangun dalam kerangka pembangunan nasional untuk mencapai kesejahteraan nasional dan dipersiapkan untuk menghadapi ancaman nirmiliter. 

Untuk memahami pertahanan nirmiliter di wilayah perbatasan RI-Timor Leste, penelitian diarahkan berdasarkan identifikasi permasalahan, rumusan masalah pokok penelitian sebagai berikut; Pertama, Bagaimana partisipasi masyarakat di wilayah perbatasan RI-Timor Leste terhadap pertahanan nirmiliter. Kedua, Kendala dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat di wilayah perbatasan RI-Timor Leste dalam berpartisipasi terhadap pertahanan nirmiliter. Ketiga, Bagaimana strategi peningkatan partisipasi masyarakat di wilayah perbatasan RI-Timor Leste terhadap pertahanan nirmiliter.

Analisis permasalahan di atas menggunakan pisau analisis deskriptip kualitatif dengan analisis SWOT. Hasil analisa SWOT menghasilkan strategi dalam peningkatan partisipasi masyarakat terhadap pertahanan nirmiliter di wilayah perbatasan RI-Timor Leste sebagai berikut: 

1.  Meningkatkan pemahaman Pancasila dengan melakukan sosialisasi bela negara di wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

2. Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam melalui kerjasama dengan daerah lain.

Kata kunci: Partisipasi masyarakat, Pertahanan nirmiliter

Naskah Lengkap: https://docs.google.com/document/d/1e72NE_rRrMg8saQq9qO8thrYo5yTLRQg/edit?usp=drive_link&ouid=100804666870834185745&rtpof=true&sd=true




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia