LITBANG PENATAAN GUDANG MUNISI DIHADAPKAN PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS TA.2022

Wednesday, 28 August 2024

Dalam mendukung Tugas TNI menjaga kedaulatan dan keutuhan negara terhadap berbagai ancaman, Kemhan telah menyusun langkah strategi, diantaranya dengan kebijakan pengadaan 600 juta butir Munisi Kaliber Kecil (MKK) pertahun yang akan di distribusikan sebagai bekal pokok di wilayah pertahanan pulau-pulau besar.

Untuk mengantisipasi terlaksananya rencana tersebut perlu Penelitian Penataan Gudang MKK dihadapkan dengan Perkembangan Lingkungan Strategis.

Penelitian ini menganalisis Penataan Gudang Munisi dihadapkan dengan perkembangan Lingkungan Strategis dengan melakukan pengumpulan data di 8 lokus

yang tersebar di 5 pulau besar antara lain Makassar, Manado, Palembang, Medan, Tanjungpinang, Balikpapan, Sarong dan Bandung.

Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan positivistik. Aspek yang diteliti meliputi Standar Gudang MKK, Kapasitas Tampung, Lokasi Gudang, Suplai MKK, Distribusi dan Sistem Pengamanan.

Hasil Penelitian yang menonjol dari rata-rata responden TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU di 8 lokus terhadap Penataan Gudang Munisi, antara lain yaitu Kondisi gudang perlu direnovasi dan ditambah, Kapasitas gudang, SDM dan sarana prasarana alat transportasi pendistribusian, akses jalan dan aliran listrik perlu dimaksimalisasi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia