PUSLITBANG IPTEKHAN BALITBANG KEMHAN MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN TIM PUSLAIK DALAM RANGKA SERTIFIKASI PENGEMBANGAN SMART BOMB DEVELOPMENT (SBD) DI PT. MULIA LAKSANA ADHITAMA (MULATAMA) SENTUL BOGOR

Friday, 18 October 2024

Tim Teknis Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan melakukan pendampingan Tim Puslaik Setjen Kemhan dalam rangka sertifikasi pengembangan Smart Bomb Development (SBD) di PT. Mulia Laksana Adhitama (Mulatama) yang beralamat Cluster Atmosphere 6 No.10, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Sentul Bogor, pada tanggal 9-10 Oktober 2024, Pendampingan sertifikasi SBD ini bertujuan sebagai tindak lanjut serangkaian upaya meningkatkan peran hasil Litbang yang telah dihasilkan untuk di dorong menuju peningkatan kualitas mutu dalam mendukung pemenuhan Alutsista dilingkungan Kemhan dan TNI produk dalam negeri.

Pentingnya sertifikasi SBD ini guna menyatakan terpenuhinya peraturan atau persyaratan keselamatan serta fungsi asasi suatu hasil litbang yang telah dikembangkan dalam rangka membangun ekosistem Litbang dan Inovasi yang mendukung kemandirian SBD, sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor. 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Melalui sertifikasi ini diharapkan pengembangan hasil litbang yang telah dibuat sudah dapat diyakinkan keamanannya dalam mengembangkan inovasi serta reverse engineering yang dilakukan bersama, dan semakin baik dari masa ke masa, sehingga dapat mewujudkan pemenuhan alutsista produk dalam negeri yang memiliki standar kualitas sesuai persyaratan taktis, teknis dan operasional, serta dapat mendorong kemandirian industri pertahanan.

Core dari sertifikasi ini untuk membuktikan keamanan hasil suatu pengembangan litbang dengan hasil produksi yang harus memberi manfaat nyata sebesar-besarnya guna mendukung tercapainya tujuan pembinaan dan penguatan SBD, sehingga hasil Litbang SBD yang telah dicapai harus dapat menjamin terwujudnya tingkat keselamatan yang handal sesuai rancang bangun dan fungsi asasi di lingkungan Kemhan dan TNI. Disisi lain sertifikasi ini juga digunakan sebagai verifikasi, dalam pemeriksaan data dukung dokumen engineering, pengujian desain, material, system, fungsi, dan penilaian kesesuaian berdasarkan kriteria SBD sebagai tuntutan requirement oleh Kemhan dan TNI yang telah ditetapkan serta memeriksa fungsi seluruh sistem yang terpasang untuk dapat dinyatakan sebagai persenjataan militer.Sebagai informasi dengan melihat begitu besarnya manfaat keberadaan sertifikasi pengembangan SBD yang memiliki kualitas yang handal agar terciptanya pertahanan dan keamanan yang lebih kuat sebagai pendukung actual power. Maka sertifikasi SBD merupakan salah satu syarat utama dalam rangka meningkatkan Alutsista pertahanan dan keamanan yang dapat memberikan jaminan kelaikan produk/tipe produk dalam negeri dari hasil penelitian menuju industri pertahanan yang mandiri guna memenuhi kebutuhan SBD di lingkungan Kemhan dan TNI Turut hadir dalam kegiatan sertifikasi SBD yaitu, Tim Teknis Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan, Tim Kelaikan Setjen Kemhan dan Tim PT Mulia Laksana Adhitama (Mulatama) Sentul Bogor.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia