PUSLITBANG IPTEKHAN BALITBANG KEMHAN PERKUAT PROSEDUR PENGELOLAAN ADMINSTRASI LITBANG BIDANG PERTAHANAN

Friday, 20 September 2024

Marsma TNI S. Arief Hardoyo, ST, M.IT, M.Sc bersama peneliti, perekayasa dan Analis Pertahanan Negara Madya melaksanakan paparan Prosedur Pengelolaan Adminsitrasi Litbang bidang Pertahanan di Rupat lt. 5 Balitbang Kemhan Jl.Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan, pada hari Jum’at tanggal 8 Septembar 2024. Agenda kegiatan ini bertujuan bagaimana Litbang pertahanan yang berfokus pada penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan yang menghasilkan teknologi tepat guna dan penguasaan teknologi baru dan terbarukan dibidang alutsista dapat mendukung kebijakan dan strategi industri pertahanan yang dikembangkan dalam rangka menuju kemandirian. Penguasaan tingkat kemandirian paling tinggi dalam konteks Litbang berbasis engineering yaitu penguasaan konsep dan implementasi pada produksi. Hampir keseluruhan Negara di dunia ini berupaya meningkatkan kualitas hasil litbang untuk mempertahankan negaranya. Tentu saja dalam rangka memenuhi kebutuhannya, semua negara berupaya memproduksi alutsistanya. Sebagian besar negara di dunia termasuk Kemhan dan TNI, harus memperkuat hasil Litbang alpalhankam dalam rangka memperkuat pertahanan sehingga kekuatannya menjadi lebih tidak mudah dibaca dibanding jika menggunakan berbagai alutsista dari negara lain.

Disisi lain sebagai adanya perubahan teknologi yang begitu cepat dan semakin terbuka sebagai konsekuensi dari globalisasi pertahanan yaitu makin maraknya perlombaan produksi dan pengadaan persenjataan, tidak hanya negara-negara besar dan berpengaruh tapi juga negara kecil dan berkembang yang memiliki kepentingan mengamankan teritorialnya. Selaras dengan hal tersebut, kebutuhan pengembangkan sistem pertahanan masing-masing negara menyebabkan proses penguatan sistem kelitbangan dan berlomba-lomba mengembangkan modernisasi sistem pertahanan tidak semua melalui proses yang normal dan standar sebagai jalur instan dipilih untuk menyegerakan proses modernisasi persenjataan dan sistem pertahanan. Oleh sebab itu maka dibuat Perkabalitbang terkait Prosedur pengelolaan Administrasi Litbang Bidang 13Dalam prosedur pengelolaan admnistrasi litbang bidang pertahanan ini didalamnya membahas tentang dasar, latar belakang, definisi, kategori hasil/keluaran litbanghan, pengelolaan hasil litbanghan, mekanisme pembiayaan dalam pengelolaan hasil litbanghan, pengawasan dan pengendalian serta penutup. Prosedur pengembangan Litbang inovasi dan reverse engineering tanpa adanya Transfer of Technology (ToT) dapat dipastikan pengembangan teknologi tersebut akan berhenti atau mandek, sehingga Puslitbang Iptekhan berupaya mendorong penguatan Litbang pertahanan dalam mengembangkan alutsista menuju kemandirian.

Turut hadir dalam kegiatan konsolidasi Litbang terapan berbasis system engineering yang realible yaitu seluruh eselon I, II dan III baik struktural dan funsional dijajaran Balitbang Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia