MAHASISWA UPN VETERAN JAKARTA MELAKUKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DI PUSLITBANG ALPALHAN BALITBANG KEMHAN

Thursday, 5 September 2024

Penjabaran tugas dan fungsi Puslitbang Alpalhan yang merupakan target indikator kinerja utama Puslitbang Alpalhan adalah melaksanakan kerjasama secara triple helix dengan instansi pemerintah, swasta, dan kalangan akademisi, diantaranya pemberian pelayanan penelitian, pengkajian dan pengembangan serta informasi ilmiah di bidang pengembangan alat peralatan utama matra darat, laut dan udara.

Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa di Balitbang Kemhan berkontribusi pada ekosistem sinergi dengan mempersiapkan generasi mendatang untuk berperan aktif dalam menciptakan solusi terhadap permasalahan nasional, sekaligus memperkuat hubungan antara civitas akademika dengan pemerintah.

Mahasiswa UPN Veteran baru-baru ini melaksanakan kegiatan PKL di Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, dimana pelaksanaan kegiatan PKL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dalam menerapkan teori yang telah didapatkan, salah satunya melalui kegiatan dalam mempelajari sistem aerial pada Radar GCI. Dalam kegiatan ini mahasiswa diajarkan untuk menggambar ulang atau redrawing dimensi dari anhang Radar GCI dengan bimbingan Staf Bagian Matra Udara Puslitbang Alpalhan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis mahasiswa tetapi juga memperkaya pemahaman mereka tentang teknologi pertahanan dalam hal ini teknologi Radar. Dengan menggabungkan antara teori dengan pengalaman di lapangan ini, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan ide-ide segar yang meningkatkan inovasi dalam penelitian.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia