KEGIATAN SEMINAR EKOSISTEM INDUSTRI DALAM PEMENUHAN BAHAN BAKU ALUTSISTA DI INDONESIA

Wednesday, 28 August 2024

Pada hari ini tanggal 27 Agustus 2024 Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan mengadakan kegiatan Seminar dengan tema “ Ekosistem Industri dalam pemenuhan bahan baku Alutsista di Indonesia, dengan mengundang beberapa pakar sebagai narasumber. Kegiatan seminar ini dilaksanakan secara offline dan online dengan jumlah peserta offline 59 orang, online 99 orang, 1 peserta dari Chiba University Jepang serta tim Pokja pendukung 12 orang. Kabalitbang Kemhan diwakili Ses Balitbang Kemhan Brigadir Jenderal TNI Dr. I. E. Djoko Purwanto, S.E, M.M. secara resmi membuka seminar tersebut. Dalam sambutan Kabalitbang Kemhan disampaikan bahwa seminar tersebut bukan hanya menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam upaya bersama dalam mencari solusi atas tantangan pemenuhan bahan baku Alutsista di Indonesia, sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor : 69.K/MB.01/MEM.B/2024 tanggal 1 April 2024 Mineral Strategis merupakan mineral yang memiliki nilai strategis sebagai bahan baku dalam optimalisasi hilirisasi mineral didalam negeri, untuk pengembangan industri strategis yang mendukung peningkatan daya saing perdagangan global, pendapatan negara dan perekonomian nasional. Penunjukan holding industri dan ekosistem industri sesuai kompeten sangat diperlukan untuk melakukan riset/produksi bahan baku di Indonesia, selain itu pemilihan counter part atau overseas potential support yang tepat atas teknologi industri yang belum kita kuasai sangat penting dilakukan untuk mendukung penguasaan teknologi tier 4 ke tier 1 dengan mineral sebagai bargaining position untuk meraih teknologi kunci. 

Seminar ini dapat menjadi forum yang produktif, dimana gagasan dan solusi-solusi inovatif dapat terus bermunculan dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya mencapai berkelanjutan serta sebagai momentum untuk memperkuat kerjasama antar instansi. “Dengan sinergi yang kuat dan komitmen yang kokoh, saya yakin kita dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Seminar dimoderatori oleh Siswi dari Universitas Pertahanan RI Sersan Mayor Dua Kadet Informatika Kadek Jaya Priyani dengan menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber, yakni Sekretaris Utama Badan Standarisasi Nasional Pembina Utama Madya IV/d bapak Donny Purnomo, J.E., S.T., Katimlak KKIP, Letnan Jenderal TNI (Purn) Yudhi Swastanto , M.B.A, yang diwakili oleh Koorsahli Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Laksamana Muda TNI Purn Dr. Mulyadi, dan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Ditjen Ilmate Kementerian Perindustrian yang diwakili oleh Koordinator Fungsi Industri Maritim, Direktorat Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian Bapak Andi Komara, S.T.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan beberapa saran masukan dari peserta offline dan online kepada masing-masing nara sumber, yang dijawab dengan jelas, tegas dan lugas sesuai kepakarannya. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada nara sumber dan kata penutupan oleh Ses Balitbang Kemhan.

                                                 Peserta Seminar Ekosistem Industri dalam pemenuhan bahan baku alutsista di Indonesia

                                                                                  Penyerahan Cindera Mata kepada Narasumber




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia