PENTINGNYA SISFOPERS TNI YANG TERINTEGRASI GUNA EFEKTIFITAS BINPERS

Tuesday, 27 August 2024

Sistem Informasi Personel TNI (Sisfopers TNI) merupakan hal penting dalam pembinaan personil TNI. Dalam perjalanan karir personel TNI sering mengalami Tour of Duty dan Tour of Area, dan salah satu area tersebut adalah bertugas di Kementerian Pertahanan. Kondisi saat ini, sering terjadi personel TNI yang berpindah tugas antar satuan di dalam TNI maupun ke luar TNI, dalam hal ini adalah Kemhan, maka personel bersangkutan selalu harus menyiapkan Riwayat Hidup di satuan baru dalam bentuk fisik/print out atau softcopy yang dikirim dalam flash disk atau WA. Bagi personel TNI hal ini seringkali menjadi suatu kerepotan tersendiri karena dalam proses perpindahannya personel TNI tersebut dituntut juga untuk mempersiapkan dirinya terkait tugas pokok fungsinya yang baru. Demikian juga bagi satuan lama dan baru sebelum terjadi penetapan perpindahan personel TNI ke satuan mana akan ditempatkan, maka pada umumnya sering terjadi kesibukan yang menyita waktu terkait kelengkapan data-data lengkap yang dibutuhkan dari personel TNI tersebut.

Dari penjelasan singkat di atas, sangat dibutuhkan suatu sistem pengelolaan data personel TNI yang mampu mengatasi dua permasalahan pokok yakni tersedianya data RH personel TNI yang lengkap, akurat, dan cepat serta ramah lingkungan/paperless. Pentingnya kebutuhan terhadap adanya suatu sistem pengelolaan data personel TNI ini sudah mulai disadari dan disosialisasikan dalam kurun waktu yang cukup lama yakni sejak tahun 2012. Tahap implementasi dari sistem data personel TNI yang selanjutnya diberi nama Sistem Informasi Personel (Sisfopers), dimulai dengan melakukan sosialisasi lanjutan maupun Bimbingan Teknis Aplikasi Sisfopers seperti di TNI-AD, dan di TNI-AL.

Mencermati hal di atas Kolonel Inf. Ahmad Gufron, S.Ag, M.Han., selaku peneliti madya Puslitbang Strahan menyatakan, bila Sisfopers dalam suatu matra sudah terintegrasi, kemudian tahap berikutnya dalam Mabes TNI terintegrasi, maka tidak menutup kemungkinan untuk dapat dilakukan integrasi juga antara Mabes TNI (Sisfopers) dengan Kemhan (Simpeg). Bila hal ini dapat diwujudkan dalam satu sistem maka banyak manfaat yang dapat dipetik, salah satunya adalah kemudahan dan kecepatan untuk mengetahui secara akurat data personel guna pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Data personil yang dikelola melalui sistem tersebut antara lain: personel yang naik pangkat berkala, personel yang akan pensiun, jumlah anak yang berhak mendapat tunjangan, dan lain-lainnya, dimana untuk mengetahui hal tersebut cukup dengan menggunakan kata kunci melalui beberapa digit angka dari Nrp masing-masing personel. Selain itu dengan Sisfopers ini juga sudah bisa di mapping kapan seorang personel perlu melakukan diklat guna pengembangan karir dan peningkatan kesejahteraan keluarga, maupun peningkatan kinerja organisasi. Hal-hal tersebut sesuai dengan tujuan dari diadakannya Sistem Informasi Personel TNI AD (Sisfopers) yang merupakan aplikasi utama dalam bidang personel, yang dijadikan sebagai salah satu pedoman utama dalam proses perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan kebijakan bidang personel di lingkungan TNI AD sehingga dapat dicapainya tujuan dan sasaran bidang personel yang diharapkan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia