SYUKURAN PUNCAK ACARA HUT BALITBANG KEMHAN KE – 24

Monday, 26 August 2024

Peringatan Hari Ulang Tahun Balitbang Kemhan Ke-24 Tahun 2024 di Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan pada hari Jum’at 23 Agustus 2024 kali ini mengusung tema “Inovasi Balitbang Kemhan Guna Mewujudkan Negara Yang Tangguh” Tema ini merefleksikan semangat Balitbang Kemhan untuk terus melanjutkan perjuangan dalam meningkatkan kinerja dalam bersinergitas, berkolaborasi bersama untuk mewujudkan Balitbang Kemhan sebagai Centre of Exellence

Tema tersebut memiliki latar belakang yang sangat kuat, dimana pencapaian yang telah diraih Balitbang Kemhan selama ini sangat membanggakan dengan dibuktikannya beberapa hasil Litbang yang telah dihibahkan ke beberapa satker di lingkungan Kemhan dan TNI guna meningkatkan sistem pertahanan negara yang Tangguh. Oleh karena itu peringatan HUT Balitbang Kemhan Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meneruskan keberhasilan tersebut guna mewujudkan Balitbang Kemhan sebagai satu-satunya Litbang pertahanan yang mampu mendukung sistem pertahanan negara kedepan.

Keberhasilan dalam terobosan yang dilakukan ini, membuahkan keberhasilan yang disesuaikan dengan kebijakan Balitbang Kemhan diantaranya, mengubah anekdot singkatan Litbang dariSulit Berkembang” menjadi “Elite dan Membanggakan”, dengan harapan secara psikologis dapat menjadi motivasi personel Balitbang Kemhan untuk berkarya demi kemajuan Balitbang Kemhan. Terobosan-terobosan ini terus dilanjutkan dengan membangun sumber daya manusia yang unggul. Selaras sebagai lembaga Litbang yang berkomitmen memprioritaskan pembinaan sumber daya manusia peneliti dan perekayasa yang unggul sebagai representasi eksistensi dalam komunitas kelitbangan dan mendapat pengakuan di tingkat nasional maupun internasional sehingga Balitbang Kemhan dapat menjadi Center of Excellence dibidang kelitbangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka setiap personel harus memiliki Moril, Keterampilan dan kecakapan, Disiplin dan Jiwa Korsa. Karena pengakuan itu bukan semata-mata produk Litbang yang telah dihasilkan, namun kemampuan sumber daya manusia peneliti dan perekayasa untuk dapat berbicara banyak tentang kegiatan Litbang dibidang pertahanan.

Disisi lain dengan kelengkapan fasilitas gedung yang megah dan personel peneliti yang memadai baik jumlah maupun kualitasnya mampu menghasilkan karya yang berkualitas pula. Oleh karena itu untuk mengisi formasi personel peneliti, perekayasa maupun APN, perlu ditentukan kompetensi personel yang dibutuhkan sesuai kemampuan dan profesinya sebagai tenaga peneliti dan perekayasa maupun Analis Pertahana Negara, dengan harapan semangat berkarier di Balitbang telah tertanam sejak dini dalam jiwa sehingga timbul kecintaan terhadap profesi pekerjaannya.

Kegiatan Litbang pertahanan memiliki peran strategis, mengingat pengadaan peralatan militer dari luar negeri relatif mahal dan sensitif diembargo, sementara itu transfer teknologi juga tidak mudah. Disinilah pentingnya peran litbang pertahanan untuk menyiasati permasalahan yang dihadapi dalam upaya memenuhi kebutuhan alutsista TNI melalui kerja sama dengan Lembaga Litbang, Industri Nasional dan Perguruan Tinggi dalam rangka membangun kemandirian industri pertahanan untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI sebagai komponen utama pertahanan negara.

Pada Perayaan Puncak Hari Ulang Tahun Balitbang Kemhan ke 24 ini sebagai ajang selahturahmi, secara internal maupun exertnal dilingkungan pondok labu juga digunakan sebagai momentum evaluasi dengan adanya Try Out pada beberapa cabang olahraga seperti Tenis Lapangan, Tenis Meja, Volly Ball, Bulutangkis dan Catur guna meningkatkan kemampuan dan eksitensi agar setiap tim dapat memperbaiki dalam system berlatih guna mendapatkan juara dan bagi yang telah berprestasi dapat lebih meningkatkan kemampuannya guna mempertahankan juaraannya. Dan pada acara puncak HUT Balitbang Kemhan ke 24 selain adanya pemotongan tumpeng, tidak lupa pula adanya kegiatan berbagi kepada 25 anak yatim piatu dari pondok pesantren Yayasan As Sa, Adatain dan bagi anggota yang sudah purna tugas dan keluarga purnawirawan Balitbang Kemhan.

Turut hadir dalam acara puncak HUT Balitbang Kemhan ke 24 ini seluruh personel Balitbang Kemhan, Ibu-Ibu Pengurus Dharmawanita Persatuan Balitbang Kemhan, Guru Pembimbing Pondok Pesantren Yayasan As Sa Adatain dan anggota yang telah Purna Tugas serta keluarga Purnawirawan Balitbang Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia