PUBLIC HEARING PROGRAM KERJA PUSLITBANG IPTEKHAN BALITBANG KEMHAN TA. 2024

Friday, 23 August 2024

Marsma TNI S. Arief Hardoyo, ST, M.IT, M.Sc mengadakan kegiatan Public Hearing dengan seluruh pejabat di jajaran Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan pada hari Kamis 15 Agustus 2024. Kegiatan Public Hearing ini dipimpin oleh Kabalitbang Kemhan didampingi Sekretaris Balitbang Kemhan yang bertujuan sebagai ajang terbuka dan silaturahmi bagi pejabat eselon I, II dan III dalam memperkenalkan diri secara personal dan untuk mengetahui keberadaan program kerja Puslitbang iptekhan Balitbang Kemhan serta menyampaikan visi dan misi dan tujuan program yang akan dikerjakan. Mulai dari pemilihan judul, proses Litbang sampai dengan uji coba realible dan penyelesaiannya serta aplikasi peralatan sistem pertahanan yang diharapkan nantinya akan digunakan dilingkungan Kemhan dan TNI.

Dalam kegaitan Public hearing ini eselon I, II dan III yang mengajukan pertanyaan, saran dan pendapat terhadap program yang sedang dilaksanakan. Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan yang telah dipaparan oleh Kapuslitbang Iptekhan.  Public hearing ini diadakan untuk mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya tingkat pemahaman, respon, dan ekspektasi pelaksanaan kegiatan. Selain itu, output kegiatan yang direncanakan ke depan dapat terimplementasi dengan baik dan bermanfaat bagi sistem pertahanan.

Disamping untuk mencari masukan, saran dan pendapat pejabat, khususnya terkait dengan klausul yang mengatur program literatur yang sedang digunakan, rancangan yang telah dibuat dan terhadap tujuan yang akan dicapai diharapkan bisa menjadi akuntabel, transparan dan bermanfaat bagi sistem pertahanan. Masukan dan saran program, “kedepan akan menjadi bahan pertimbangan

ataupun penyempurnaan dari penyusunan program kegiatan yang sedang dilaksanakan.  

Disisi lain dari beberapa kegiatan Public hearing saran masukan dan tukar pendapat ini kadang terinspirasi dari yang disampaikan peserta saat kegiatan ini berlangsung yang mana dapat digunakan sebagai wacana atau referensi baru yang dapat digunakan untuk mendukung solusi kegiatan program tersebut. Hal ini dikarenakan keragaman keahlian teknis tertentu yang dimiliki personel di kumpulkan menjadi satu kesatuan kekuatan pengalaman, teknis dan manajerial guna untuk mendorong keberhasilan Litbang pertahanan baik materiil maupun non materiil. Disini juga kadang akan terwujud suatu ide pemahaman atau judul baru untuk dapatnya diaplikasikan sebagai kegiatan program baru yang dilakukan di masa mendatang.

Dengan adanya Public Hearing terkait program yang dilaksanakan Pusiptekhan Balibang Kemhan dapat juga digunakan sebagai  Review  Standar tahapan dari pelaksanaan program yang sedang dilakukan, Standar pencapaian outpun, pemecahan masalah yang memerlukan kebijakan teknis dan manajerial dari atasan  yang sekaligus berdampingan dengan pencanangan pembinaan dan pembentukan personel yang profesonal, tangguh gesit, bermartabat, memiliki ide yang kreatif dan inovatif yang mampu mendukung pertumbuhan industri pertahanan yang mandiri.

Turut hadir dalam Public Hearing Program Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan ini seluruh pejabat eselon 1, II dan III serta pendukung eselon IV.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia