“Mens Sana In Corpore Sano” Melalui Semarak HUT Balitbang Kemhan Ke- 24 Tahun 2024

Wednesday, 21 August 2024

Mens sana in corpore sano, adalah sebuah semboyan dalam bahasa Latin yang artinya “Jiwa yang sehat di dalam tubuh yang sehat”, dicetuskan pertama kali oleh Decimus Iunius Juvenalis, seorang penyair aliran satir dalam kesusastraan Romawi klasik abad ke-dua Masehi. Dalam keseharian kitapun sering mendengar ucapan kalimat “semoga sehat rohani dan jasmaninya”, hal ini menandakan sangat pentingnya kedua unsur tersebut dalam hidup ini. Hal tersebut juga merupakan suatu keniscayaan yang sangat dibutuhkan bagi seluruh anggota Balitbang Kemhan, agar mampu menunjukkan kinerja individu dan organisasi yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Balitbang Kemhan yakni menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan bidang pertahanan negara. Dengan jiwa dan raga yang sehat diharapkan kinerja Balitbang Kemhan menjadi semakin optimal.

Dalam rangka menyemarakan HUT Balitbang Kemhan Ke-24 Tahun 2024, beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan merupakan pengejawantahan dari adanya harapan agar anggota Balitbang Kemhan memiliki jiwa dan raga yang sehat. Rangkaian kegiatan dimaksud meliputi: Pertandingan Cabang Olah Raga Volley Ball Pria, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, dan Catur; Anjangsana kepada Pegawai Purnawirawan dan Warakwuri; Donor Darah; hingga Syukuran. Rangkaian acara dimulai hari Senin hingga Jumat, tanggal 19-23 Agustus 2024.

Pada hari Selasa 20 Agustus 2024 kegiatan yang dilaksanakan antara lain:

Pertandingan persahabatan antara Tim Bulutangkis Balitbang Kemhan dengan Tim Bulutangkis Pusjemenhan Badiklat Kemhan, bertempat di Lapangan Indoor Bulutangkis, Gedung Laupase Malau, Pusjemenhan Badiklat Kemhan, Pondok Labu. Pertandingan persahabatan ini dimenangkan oleh Tim Bulutangkis Balitbang Kemhan dengan dengan skor 3-2, kemenangan tipis ini cukup memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para pemain yang sudah berupaya keras memberikan yang terbaik bagi satuan. Walau belum begitu puas dengan hasil yang diraih, Kordinator Tim Bulutangkis Balitbang Kemhan Kolonel Cke. Syarif Hidayatullah menyatakan akan terus berupaya keras melakukan pembinaan kepada para pemain agar dapat meraih prestasi lebih baik di masa yang akan datang.

Pada sisi yang lain pertandingan persahabatan ini sangat disambut baik oleh Tim Bulutangksi Pusjemenhan Badiklat Kemhan. Mereka menyatakan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan tali silaturahim dan kerjasama serta kolaborasi yang lebih erat antar satuan kerja di lingkungan Pondok Labu. Dalam pertandingan ini Tim Bulutangkis Balitbang juga diperkuat oleh dua anggota DWP (Dharma Wanita Persatuan) yakni isteri dari PNS Romsih dan isteri dari P3K Akmarul Ibad.

                                                                  Foto 1. Kabalitbang menyalami supporter Balitbang

Foto 2. Kabalitbang in action

Foto 3. Dokumentasi Bulutangkis Persahabatan di Pusjemenhan Badiklat Kemhan

Ditempat yang berbeda dalam waktu yang sama juga diadakan pertandingan persahabatan cabang olahraga Tenis Lapangan. Memanfaatkan momentum HUT Balitbang Kemhan ini, Tim Tenis Lapangan Balitbang Kemhan melakukan Try Out dan pertandingan persahabatan dengan Tim Vamos Club, bertempat di lapangan tenis Dislitbang TNI-AL, Pondok Labu. Tujuan dari Try Out adalah untuk menguji kemampuan Tim Tenis Balitbang dan melatih skill para pemain dari segi keterampilan maupun mental bertanding. Hal tersebut dikatakan oleh

Kordinator Cabang Olahraga Tenis Lapangan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Teguh Pujianto di sela-sela pertandingan persahabatan yang sedang berlangsung. Kedepan diharapkan Tim Tenis Lapangan Balitbang Kemhan dapat meningkatkan prestasi disamping tujuan utamanya yakni untuk menyalurkan hobi dan sekaligus memelihara Kesehatan.

Demikian liputan hari ke-2 rangkaian kegiatan HUT Balitbangk ke-24 tahun 2024, dimana dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kabadan dan Ses serta Kapus dan anggota sebagai bentuk dukungan dan supporting guna menambah semangat dan kemeriahan acara HUT Balitbang ini.

Foto 4. Tim Tenis Lapangan Balitbang Kemhan dan Tim Vamos Club

Foto 5. Ses Balitbang in action





Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia