PUSLITBANG ALPALHAN BALITBANG KEMHAN MELAKSANAKAN PENGUJIAN RADAR MPSR DI SUBANG

Thursday, 15 August 2024

Penelitian Manned Portable Surveilance Radar (MPSR) merupakan salah satu kegiatan penelitian Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan bekerjasama dengan PT. Radar Telekomunikasi Indonesia (RTI).

Radar MPSR ini termasuk dalam jenis Ground Radar yang dirancang dan didesain untuk mendeteksi objek manusia maupun kendaraan dengan jarak pendek dengan range detection sejauh 5 km untuk manusia dengan dan 9 km untuk kendaraan besar.. Radar MPSR ini bekerja pada frekwensi Ku Band dengan tipe antena slot wave guide yang dapat berputar 3600.

Secara operasional Radar MPSR ini didesain menyesuaikan dengan kebutuhan operasional (Opsreq) satuan TNI, di mana peralatan ini mampu dioperasikan di daerah operasi sebagai sistem deteksi untuk mengetahui kehadiran musuh sehingga dapat digunakan sebagai sistem surveillance di pos-pos pengamanan di wilayah operasi maupun di area objek vital.

Secara fisik kemajuan kegiatan penelitian MPSR ini telah mencapai lebih dari 80% dan sudah melewati berbagai tahapan, mulai dari tahap desain software maupun hardware, proses manufaktur, assembling, uji coba dalam skala laboratorium hingga uji coba lapangan secara parsial dengan jarak terbatas.

Pengujian MPSR dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, tanggal 8 s.d 9 Agustus 2024 di wilayah Blanakan Kabupaten Subang dihadiri oleh Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang selaku Kalakgiat beserta staf dan Tim Teknis dari PT. RTI. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Tim Litber Balitbang Kemhan, yakni Kolonel Laut (P) Chabib Shofhani, S.E., M.Han., Kolonel Laut (E) Marzuki, S.S.i., M.Tr. Hanla., dan PNS Indah Kastiyowati, S.T., M.M.

Wilayah pengujian di Balanakan, Subang dipilih karena wilayah ini merupakan daerah dengan jarak line of sight (LoS) lebih dari 5 km, sehingga cukup memenuhi persyaratan untuk pengujian Radar MPSR, yang mana secara teknis operasional ground radar yang paling ideal adalah harus di wilayah terbuka tanpa ada obstacle sebagai penghalang deteksi Radar.

Pengujian MPSR yang dilaksanakan tersebut berjalan dengan lancar dimana hasil uji coba MPSR telah mampu mendeteksi dan melakukan tracking terhadap objek manusia dan kendaraan sesuai jarak yang telah ditentukan pada opsreq. Selain itu semua sub-sub sistem telah dapat berfungsi sesuai dengan spesifikasi teknis. Selanjutnya akan dilaksanakan uji coba secara menyeluruh dengan jarak maksimal di wilayah AWR TNI AU Lumajang, Jawa Timur yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 6 September 2024.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia