FOCUS GROUP DISCUSSION LITBANG PROTOTIPE KENDARAAN SISTEM PEMBAWA MORTIR 81 MM TAHAP II

Thursday, 15 August 2024

Pada hari Rabu 23 Februari 2022 Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng. secara resmi membuka Focus Group Discussion (FGD) Litbang Prototipe kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm.

Dengan tema “Melalui penelitian dan pengembangan prototipe kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm kita tingkatkan kemampuan daya tempur satuan Infanteri dengan memberdayakan industri pertahanan nasional”.

Kegiatan dilaksanakan di Rupatama Lt V Gedung H. Juanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No 1 Pondok labu Jakarta selatan. Hadir pada kegiatan tersebut, Paban III litbang Asro Srenad, Mayor Cpl Untung (Dislitbangad) , Ditjend Kuathan, Kolonel Tek Dr.Gunaryo, M.T. (UNHAN), Letkol Mar Farid (Korps Marinir), Kolonel Kav R.Herdianto Nuringtyas,S.Sos.,MIP.(Kabid Matra Darat Pusalpalhan Balitbang Kemhan), Kolonel Inf Sunarto (Dirbinlitbang Pusennif Kodiklatad)

Dalam sambutannya Kapuslitbang Alpalhan menyampaikan bahwa perlu difahami bahwa kegiatan litbang merupakan tahapan untuk kemudian dijadikan produk yang dapat digunakan oleh satuan pengguna ,oleh karenanya platform kendaraan yang rencananya akan digunakan saat ini masih dapat di ubah dengan kendaraan yang memiliki spesifikasi militer. Pemberdayaan Industri pertahanan untuk menghasilkan prototipe maupun first article sistem kendaraan pembawa mortir 81 mm perlu dillakukan, mulai dari conseptual design sampai dengan sertifikasi. Kerjasama antara Balitbang Kemhan, Pussenif dengan industri pertahanan dalam kegiatan litbang sangat diperlukan, untuk menentukan operational requirement (opsreq) sampai dengan spesifikasi teknis (spektek). Selain itu dalam proses sertifikasi di perlukan peran Puslaik Kemhan agar Prototipe atau First article yang dihasilkan dinyatakan laik dan aman untuk digunakan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia