Sinergitas Balitbang Kemhan RI dengan BSN dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Monday, 12 August 2024

Kabalitbang Kemhan Mayjen TNI Heru Sudarminto S.I.P, M.Sc. melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Balitbang Kemhan dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada hari Senin 12 Agustus 2024 bertempat di Assembly Hall Jakarta Convention Center dan dihadiri 2000 undangan terdiri dari Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, Industri dan UMKM.

Acara penandatanganan PKS ini merupakan rangkaian acara Festival Insfrastruktur Mutu Nasional (FIMN) 2024. Festival ini diselenggarakan sebagai upaya pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya infrastruktur mutu (Standardisasi, Kesesuaian Penilaian dan Metrologi) dan perannya dalam mendukung peningkatan daya saing Indonesia di pasar Global serta mempresentasikan ekosistem infrastruktur mutu di Indonesia.

Kabalitbang Kemhan menyampaikan dalam Speechnya bahwa perlunya membangun ekosistem industri untuk mempercepat kemandirian Indhan Sesuai UU No. 16/2012 tentang Industri Pertahanan. Dukungan BSN melalui PKS ini diharapkan semakin kuat sehingga riset dan inovasi yang dilakukan di Balitbang dan Industri terkait semakin baik dari waktu ke waktu.

Kegiatan Litbang juga mengacu kepada metrologi, standardisasi dan penilaian kesesuaiaan sehingga prototipe maupun fisrt article yang dihasilkan telah dilakukan sesuai standard yang benar untuk melindungi keamanan teknologi, kesesuaian meteriil termasuk keamanan Insani.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia