KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) PEMBUATAN PROTOTIPE KAMIKAZE DRONE TAHAP I-II TA. 2024.

Thursday, 1 August 2024

Kabalitbang Kemhan RI Mayjen TNI Heru Sudarminto, S.I.P., M.Sc. didampingi Sekretaris Balitbang Brigjen TNI Dr. I.E. Djoko Purwanto, S.E., M.M., Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T., M.T., Kabag Proglap Kol Kav Herdianto, Tim Pokja Prototipe Kamikaze Drone pada hari Rabu 31 Juli 2024 melaksanakan kunjungan ke Kantor dan workshop PT AKM Teknologi Nuswantara dalam Pembuatan Prototipe Kamikaze Drone Tahap I-II. Pada kunjungan Monev Kabalitbang Kemhan diterima oleh Dirut PT AKM Teknologi Nuswantara Dirgantara Purnama yang dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dan diskusi serta peninjauan kesiapan prototype Kamikaze Drone sesuai dengan progress yang telah dilaporkan.  Kunjungan tersebut merupakan kegiatan Monitoring untuk memberikan gambaran tentang perkembangan pekerjaan sehingga Pimpinan Balitbang dapat mengevaluasi serta memberikan arahan-arahan kaitannya dengan Litbang Prototipe Kamikaze Drone Tahap I-II. 

Kerjasama Litbang antara Balitbang Kemhan dengan PT AKM Teknologi Nuswantara meliputi Litbang:

  1. 5 Unit Kamikaze Drone

  1. 3 unit explosive fuze Kamikaze Drone

  2. 2 unit smoke fuze Kamikaze Drone

  1. CFD Analiysis

  2. FEM Analysis

  3. Detail Desain

  4. Ground Control Computer (GCC)

  5. Ground Data Terminal

  6. Comand System Software (CSS)

  7. Sistem Pengendali Utama, GPS, Datalink, Sistem Propulsi, Sistem Aktuator.

  8. Catapult

Pada kesempatan Monev II ini Kabalitbang menilai bahwa kegiatan Kamikaze Drone Tahap I-II telah melaksanakan kegiatan Litbang sesuai dengan progress dan dapat melanjutkan kegiatan selanjutnya hingga Litbang Kamikaze Drone Tahap I-II bisa diselesaikan. Kabalitbang Kemhan mengharapkan PT AKM Teknologi Nuswantara dengan dukungan teknisi dan engineer yang handal dapat menyelesaikan kegiatan MPSR Tahap II-II ini dapat selesai dan berfungsi sebagaimana mestinya seperti yang sudah disepakati dalam Surat Perjanjian.

Selesai kegiatan paparan dan diskusi, Kabalitbang Kemhan yang didampingi oleh Sekretaris Balitbang, Kapuslitbang Alpalhan dan Kabagproglap berkesempatan meninjau secara langsung produk hasil Litbang Kamikaze Drone yang digelar di Workshop dilanjutkan dengan sesi foto bersama




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia