Tim Reviu Itjen dan BPKP RI Sambangi Balitbang Kemhan

Monday, 29 July 2024

Pada hari Selasa kemarin tanggal 22 Juli 2024 Balitbang Kemhan telah menerima Tim Reviu dari Itjen Kemhan dan BPKP RI yang dipimpin oleh Ketua Tim dari Itjen Kemhan Pembina IV/a Sony Budiarto, S.E., M.M., dan Sekretaris Tim Kolonel Laut (S) Arief Dahniar, S.E., CRMP serta didampingi dari BPKP dengan pendamping Penda Tk. I III/b M. Fakhrurroji, S.S.T., M.E.

Data Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2024 Balitbang Kemhan diperiksa secara mendalam oleh Tim Reviu tersebut. Dalam pemeriksaan Tim Reviu Itjen Kemhan dan BPKP didampingi oleh Kabag Proglap Set Balitbang Kemhan Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos., M.I.P. beserta Tim LK dan SIMAK BMN Balitbang Kemhan selaku mewakili Kabalitbang Kemhan yang sedang melaksanakan kegiatan lain yang bersamaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Bag Proglap Lantai 3 Gd. Soepomo Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta selatan.

Reviu ini diharapkan dapat membantu menemukan kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan Laporan Keuangan Satker UO Kemhan, khususnya Balitbang Kemhan serta dapat memberikan solusi untuk perbaikan, sehingga menghasilkan Laporan Keuangan yang memadai, berkualitas dan akuntabel.

Dari Reviu tersebut  terdapat hasil atas Laporan Keuangan Semester I TA. 2024 Balitbang Kemhan antara lain Kegiatan Balitbang Ke mhan seluru hnya menggunakan Rupiah Murni (RM). Dapat diketahui bahwa Laporan Realisasi Anggaran sampai  dengan 30 Juni 2024 sebesar 60% dari pagu anggaran setelah revisi. Balitbang juga telah melaksanakan rekonsiliasi dengan KPPN Jakarta II dengan hasil tidak ditemukan perbedaan dan pada penyajian Neraca. Sedangkan Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE) serta penyajian CaLK sudah baik. Karena Balitbang Kemhan telah melaksanakan rekonsiliasi internal BMN dengan Roum Setjen Kemhan pada tanggal 17 Juli 2024.

Dari kegiatan Reviu, Tim Reviu Itjen Kemhan memberikan saran untuk mempertahankan penyajian Laporan Keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia