Model Perhitungan Life Cycle Cost (LCC) Alutsista TNI menjadi fokus Perhatian Kabalitbang Kemhan

Monday, 22 July 2024

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI mengadakan kegiatan Paparan program Kerja Puslitbang Strahan yang disampaikan oleh Brigjen TNI Budi Setiawan sebagai Kapuslitbang Strahan Balitbang kemhan. Pada hari Kamis (11/07/2024) dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Ruang Rapat Lantai 5 Gedung Djuanda Balitbang Kemhan. Dalam kegiatan yang dibuka oleh Mayjen Heru Sudarminto, Kabalitbang Kemhan tersebut disampaikan Program Kerja Puslitbang Strahan yang melaksanakan kegiatan penelitian pada tahun anggaran 2024 dengan judul-judul kegiatan sebagai berikut:

a. Litbang Model Perhitungan Life Cycle Cost (LCC) Alutsista TNI oleh Bid Doksismen Puslitbang Strahan Balitbang kemhan.

b. Litbang Analisa Lingstra Kalimantan Timur Sebagai Ibukota Negara oleh Bid Lingstra Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan.

c. Litbang Penataan Wilayah Pertahanan dihadapkan dengan Peraturan Zonasi di Kawasan Timur Indonesia oleh Bid Wilneg Puslitbang strahan Balitbang kemhan.

Salah satu Program yang menarik dari program Kerja Puslitbang Strahan yaitu yang dipaparkan oleh Bidang Doksismet dan dipaparkan oleh Kolonel Inf Erlangga Galih W. paparan tersebut dengan tema litbang Life Cycle Cost (LCC) Alutsista TNI menjadi kegiatan litbang yang dinilai strategis untuk dilaksanakan pada TA.2024, penelitian tersebut muncul dimulai dari hasil rekomendasi BPK terhadap Kemhan dan TNI untuk mengadakan penelitian mengenai LCC Alutsista TNI guna perencanaan pemenuhan kebutuhan Alutsista yang lebih baik. Selanjutnya nilai urgensi dari Litbang ini adalah membahas tentang Pentingnya Alutsista dalam Pertahanan yang merupakan komponen vital dalam pertahanan negara yang memerlukan investasi jangka panjang dengan anggaran besar. Penggunaan LCC untuk Perencanaan Anggaran LCC digunakan untuk justifikasi dan perencanaan anggaran alutsista TNI, memperhitungkan biaya selama siklus hidup untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Serta Efisiensi dan Penghematan Pendekatan LCC membantu dalam memilih alternatif alutsista yang paling efisien dari segi biaya sepanjang siklus hidupnya, bukan hanya biaya awal pengadaan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia