UJI FUNGSI LITBANG PROTOTIPE ELECTRIC TACTICAL MOTOR BIKE TA. 2022

Thursday, 22 September 2022

Balitbang Kemhan menyelenggarakan uji fungsi hasil Litbang Prototipe Electric Tactical Motor Bike TA. 2022. Uji fungsi yang dilaksanakan meliputi uji visual/konstruksi yang terdiri dari evaluasi kualitas bahan, dimensi dan beban kendaraan, uji alat dan perlengkapan (Alkap), alat pemeliharaan, tools dan manual book digelar, dilakukan pengamatan, pemeriksaan secara seksama diharapkan dalam kondisi lengkap, tidak terjadi cacat. Uji Jelajah/Uji Ketahanan (kemampuan battery dan jarak jelajah), lakukan pengamatan dan pemeriksaan terhadap bagian bagian mekanis dan sistem, indikator pengontrol sistem penggerak dan dilaksanakan uji ketahanan (prototipe dikendarai terus menerus dengan jarak tempuh 70-100 km tanpa pengisian battery ulang. Uji fungsi prototipe hasil litbang dilakukan pengamatan dan pemeriksaan terhadap bagian mekanis dan sistem, dimulai dari sistem pengisian battery, sistem tenaga, sistem kontrol dan indikator pengontrol sistem penggerak, diharapkan tidak terjadi malfungsi. Prototipe hasil Litbang digelar dalam posisi siap, kemudian prototipe hasil litbang melakukan pengamatan dan pemeriksaan terhadap rancangan, bahan, perakitan, sistem pemeliharaan dan pembekalan, kelancaran kerja serta aspek insani.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 14 s.d. 16 September 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Pusdikkav dan di daerah Tangkuban Perahu, Lembang Jawa Barat. Acara dipimpin oleh Kabalitbang Kemhan Julexi Tambayong dan dihadiri oleh Bapak Agit Andriantio Asisten Khusus Wamenhan Bidang Komunikasi dan Pengembangan Nirmiliter, Irjen Kemhan, Danpusenkav, Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan, Dirmat Ditjen Kuathan Kemhan , Kapuslaik Kemhan, Kadislitbangad, Danpusdikkav, Dirbinlitbang Pussenif Kodiklatad, Paban III/ Litbang Asro Srenum, Paban III/ Litbang Asro Srenad, serta Perwakilan dari Kostrad dan Kopasus. Dalam sambutannya Kabalitbang menyampaikan bahwa dasar pemikiran Litbang Prototipe Electric Tactical Motor Bike ini adalah, adanya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tanggal 08 Agustus 2019, Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Darat, Dalam Rangka Mengurangi Ketergantungan Terhadap Pasokan Dari Luar Negeri dan Kemandirian Industri Pertahanan. Maka kita harus menguasai teknologi dan memiliki kendaraan taktis berbasis tenaga listrik yang mempunyai karakteristik senyap, lincah, tangguh, mampu di medan Off Road/Cross Country, mudah dalam pemeliharaan maupun operasional, dapat digunakan dalam segala bentuk operasi dan medan yang bervariasi.

Mengakhiri sambutannya Kabalitbang kemhan di sampaikan bahwa Uji Fungsi ini merupakan rangkaian kegiatan dari Litbang Prototipe Electric Tactical Motor Bike TA. 2022. Dimana Kegiatan Uji ini dilaksanakan untuk mendapatkan data terkait performa dan karakteristik Prototipe Electric Tactical Motor Bike Tersebut. Data hasil uji ini, disiapkan dalam memenuhi persyaratan uji kelaikan, sebelum dilanjutkan ke first article.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia