FOCUS GROUP DISCUSSION TENTANG LITBANG STRATEGI PERTAHANAN PULAU-PULAU BESAR DALAM MENDUKUNG KEBIJAKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM TA. 2022

Friday, 3 June 2022

Jakarta, Kamis (02/06/2022). Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Litbang Strategi Pertahanan Pulau-Pulau Besar Dalam Mendukung Kebijakan Indonesia sebagai Poros Maritim Tahun 2022 di Hotel Santika Medan Sumatera Selatan. Kegiatan FGD dipimpin oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Yan Namora. Peserta FGD terdiri dari 6 orang Narasumber, 3 Undangan, dan Tim Litbang, Pemapar pertama disampaikan oleh Ketua Tim yaitu Kolonel Kal Agus Wahyudi, S.E., M.M. Kabid Lingstra Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan.

Pada acara tersebut membahas kegiatan bagaimana strategi pertahanan di pulau-pulau besar khususnya pulau Sumatera terhadap jalur Selat Malaka selain itu Sumatera Utara memiliki potensi alam yang besar dan bagus serta memiliki wilayah strategis sebagai bagian dari pertahanan pulau-pulau besar sehingga menjadi perhatian penting untuk dijadikan penelitian oleh Balitbang Kemhan.

Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan mengharapkan dari hasil diskusi FGD di Medan dengan pihak-pihak yang terkait dan berkompeten, Balitbang Kemhan dapat mengumpulkan data untuk mendapatkan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang bisa dimanfaatkan dari pulau besar Sumatera dalam melaksanakan strategi pertahanan pulau-pulau besar yang dapat digunakan guna mendukung kebijakan Indonesia sebagai Poros Maritim di Indonesia.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia