SEMINAR LITBANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI DAN KEKUATAN PERTAHANAN DALAM LIMA TAHUN KE DEPAN

Tuesday, 5 November 2019

Jakarta, Selasa (05/11/2019). Puslitbang Strahan Kemhan menyelenggarakan seminar litbang faktor-faktor yang mempengaruhi strategi dan kekuatan pertahanan dalam lima tahun ke depan yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng, sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan undangan. Sebagai pemapar adalah Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Eko Rahardjo, S.T., M.Si., dan narasumber adalah Dr. Edi Prasetyono dari Universitas Indonesia, Dr. Antar Venus dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan Al Chaidar, S.IP., M.Si dari Universitas Malikul Saleh, serta moderator Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Darmawan Henry P., S.IP.., M.Si.

Dalam sambutan Kabalitbang Kemhan yang dibacakan Kapuslitbang Strahan mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia bila dihadapkan dalam perspektif lingkungan global, regional, maupun nasional, ke depan memiliki potensi ancaman yang semakin komplek atau multidimensional. Kecenderungan perkembangan lingkungan strategis akan menjadi faktor pemicu munculnya fenomena ancaman baru yang bersifat lebih dinamis dan multidimensional, baik berbentuk fisik maupun nonfisik, yang dapat muncul baik dari dalam maupun luar negeri.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa Indonesia ke depan akan dihadapkan pada berbagai ancaman dan konflik yang sulit diprediksi. Konflik yang mungkin terjadi tersebut tidak lagi bersifat simetris, melainkan asimetris, proxy, dan hibrida. Potensi ancaman yang perlu diantisipasi, khususnya TNI, antara lain dampak tatanan dunia baru, terorisme, perang siber, kemajuan China (China Charm Offensive) dan kerawanan keamanan di laut perbatasan. Dalam menghadapi ancaman-ancaman tersebut diperlukan salah satunya adalah dengan menggunakan pertahanan dan strategi dalam menghadapinya.

Di akhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada narasumber, penanggap dan undangan yang telah meluangkan waktunya demi kepentingan bangsa dan negara. Diharapkan pelaksanaan seminar ini dapat berlangsung dengan tertib, lancar dan produktif sesuai dengan harapan kita bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia