PEMBUKAAN BURSA LITBANG PERTAHANAN DI BALITBANG KEMHAN

Tuesday, 28 August 2018

500x300

Jakarta, Selasa ( 28/08/2018). Dalam rangka menampilkan produk-produk alat peralatan pertahanan hasil kerjasama instansi litbang, perguruan tinggi dan industri pertahanan dalam negeri, Balitbang Kemhan menyelenggarakan bursa litbang pertahanan dari tanggal 28 – 29 Agustus 2018 di lapangan apel Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kegiatan yang mengusung tema “Inovasi Menuju Kemandirian Pertahanan Sebagai Wujud Bela Negara”, dibuka pada hari Selasa tanggal 28 Agustus 2018. Kabalitbang Kemhan Ibu Dr. Anne Kusmayati membuka bursa litbang pertahanan yang dihadiri Sekretaris Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, undangan dari perwakilan pejabat di lingkungan Kemhan, TNI/Polri, perguruan tinggi, BUMNIS, industri pertahanan, staf kecamatan, masyarakat sekitar Pondok Labu serta SLTA, SLTP, dan SDN sekecamatan Cilandak.

Dalam sambutannya Kabalitbang Kemhan membacakan sambutan Menteri Pertahanan, bahwa memiliki pertahanan yang tangguh adalah sebuah kebutuhan mendasar bagi setiap bangsa. Kemampuan pertahanan tidak saja penting dalam menjaga keselamatan bangsa, namun juga simbol kekuatan serta sarana untuk menggapai cita-cita, tujuan, maupun kepentingan nasional. Untuk menjalankan tugas tersebut, kita membutuhkan alutsista yang modern. Mewujudkan alutsista yang modern dan berteknologi tinggi serta merupakan karya anak bangsa, harus membutuhkan penelitian dan pengembangan yang serius, akurat serta tepat sasaran.

Selanjutnya beliau mengatakan, kemandirian industri pertahanan nasional dibangun di atas tiga pilar, yaitu interkonektivitas industri pertahanan dengan badan-badan litbang, pelibatan swasta dalam rantai produksi dan/atau distibusi produksi industri pertahanan dan koordinasi antar institusi terkait, ini terbukti melalui karya nyata dalam bentuk produk-produk inovasi alutsista yang dihasilkan.

Di akhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada penyelenggara atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap dengan penyelenggaraan pameran ini masyarakat dari berbagai kalangan, institusi pemerintah, swasta dan lembaga riset, mahasiswa dan siswa lebih mengenal produk-produk litbang pertahanan dalam negeri yang telah dan akan digunakan TNI, sehingga akan menumbuhkan rasa bangga menggunakan produk dalam negeri yang berkualitas.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia