SEMINAR PENGEMBANGAN PROTOTIPE RUDAL PETIR TAHAP I-IV

Tuesday, 5 September 2017

500x300

Jakarta, Selasa (29/08/2017). Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Alpalhan menyelenggarakan seminar tentang pengembangan prototipe rudal petir tahap I-IV yang dilaksanakan di Gedung Ir. H. Djuanda Lantai V Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Sekretaris Balitbang Kemhan Laksamana Pertama TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Iptekhan Marsma TNI Bambang Wijanarko SE.,ST.,M.Si(Han), Kapuslitbang Alpalhan Brigadir Jendral TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Strahan Laksamana Pertama TNI Ir. Agus Rustandi M.EngSC,MMDS., pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, serta PT Sari Bahari. Sebagai pembicara, Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Kolonel Ir. Indra Usmansyah MM., Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan Rosihan Ramin, ST., PT Sari Bahari Bapak Dr. Edi Sofyan dan Bapak Ahmad Kuncaraningrat, ST., serta moderator Peneliti Madya Puslitbang Alpalhan Kolonel Kav. Anthonius Ady W.W..

Kegiatan seminar diawali sambutan oleh Kabalitbang Kemhan, beliau menyampaikan bahwa seminar ini diharapkan bisa memberikan informasi untuk mendapatkan masukan dalam penelitian dan pengembangan rudal petir yang merupakan program Balitbang Kemhan dengan mitra industri pertahanan. Litbang ini merupakan program pengembangan prototipe rudal petir tahap I dari rangkaian IV tahap yang direncanakan.

Dalam sambutannya, Kabalitbang Kemhan menjelaskan bahwa untuk meningkatkan performance rudal tersebut maka dilaksanakan pengembangan diantaranya meningkatkan kecepatan yang diharapkan bisa mencapai 350 km/jam, jarak jangkauan sekitar 80 km, pengembangan sistem kontrol auto pilot dan seeker, pembuatan peluncur rudal serta pengembangan warhead. Scope of work dari pengembangan rudal petir pada tahap I ini dititikberatkan pada peningkatan kecepatan, jarak jangkau, sistem kontrol, dan uji fungsi. Dengan adanya target pengembangan tersebut maka terjadi perubahan air frame.

Mengakhiri sambutan penutupan seminar, Kabalitbang Kemhan menyampaikan bahwa masukan yang telah diberikan oleh para penanggap dan peserta seminar agar menjadi bahan masukan dalam penyempurnaan terhadap pengembangan prototipe rudal petir tahap I maupun dalam rangka penyusunan naskah litbang. Tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada para pembicara, penanggap, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya dalam mengikuti acara seminar ini. 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia