Tingkatkan Hubungan Pertahanan, Indonesia – India Lakukan Joint Committee Meeting

Rabu, 18 Januari 2017

tmp_6324-170717 Menhan Terima Sekjen India-182820300Jakarta, DMC Menhan Ryamizard Ryacudu, Selasa (17/1), menerima kunjungan delegasi pertahanan India yang dipimpin Defence Secretary Shri G. Mohan Kumar, di kantor Kemhan Jakarta. Pertemuan tersebut diantaranya membicarakan hubungan pertahanan Indonesia dan India di masa depan seperti pertemuan antara kedua Sekjen atau joint committee meeting yang akan berlangsung besok, Rabu (18/1), di Jakarta. Menhan berharap hubungan persahabatan Indonesia dan India yang telah terjalin lama dapat ditingkatkan kearah yang lebih baik lagi.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Pertahanan India mengungkapkan bahwa hubungan kedua negara yang telah terjalin dengan baik selama ini semakin meningkat. Hal ini karena adanya kedua negara memiliki sejarah yang panjang dalam merebut kemerdekaan. Kerjasama pertahanan kedua negara telah terjalin sejak kedua negara mendeklarasikan kemerdekaan dan beberapa bidang perlu ditingkatkan dan diperdalam kembali seperti bidang kemaritiman dan angkatan bersenjata.

Lebih lanjut Sekjen Pertahanan India berharap akan ada suatu potensi kerjasama yang lebih erat lagi untuk meningkatkan angkatan laut kedua negara seperti pertukaran informasi, mengingat kedua negara memiliki persamaan yaitu sebagai negara maritim. Sekjen Pertahanan India memiliki keyakinan yang besar bahwa TNI AL mempunyai peran yang besar dalam mengatasi pembanjakan di laut di kawasan regional. Selain itu potensi lain yang memiliki peluang kerjasama seperti pengamanan pantai dan industri pertahanan.

Terkait masalah bajak laut dan pengamanan pantai, Menhan mengungkapkan perlu adanya patroli bersama antara Indonesia dan India seperti yang telah Indonesia lakukan dengan negara lain yang tergabung dalam Patroli Keamanan Maritim Terkoordinasi (Pakor). Menhan berharap kerjasama tersebut dapat terealisasi di masa yang akan datang. (ERA/RAF)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia