Menhan Lantik Brigjen TNI Pandji Suko Hari Yudho Menjadi Staf Ahli Menhan Bidang Politik

Kamis, 30 Juni 2016

Jakarta – Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor: 51/TPA/ Tahun 2016, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu melantik Brigjen TNI Pandji Suko Hari Yudho menjadi Staf Ahli Menhan Bidang Politik menggantikan Drs. Sutrimo MM, M.Si, yang akan memasuki masa pensiun. Pelantikan dilaksanakan dalam rangkaian Upacara Sertijab Staf Ahli Menhan Bidang Politik yang dilaksanakan di kantor Kemhan, Kamis (30/6).

Pelantikan dihadiri oleh Sekjen Kemhan Laksdya TNI Widodo, Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto, Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil., serta pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan. Hadir pula Penasihat DWP Kemhan didampingi Ketua DWP Kemhan beserta Pengurus DWP Kemhan.

Menhan selaku Irup dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Sertijab kali ini mengandung makna yang penting di dalam penyelenggaraan suatu organisasi yang dimaksudkan untuk menjamin kesinambungan proses penyelenggaraan tugas dan fungsi pertahanan negara khususnya yang berkaitan dengan pengkajian mengenai masalah pertahanan negara dari aspek politik.

Pertahanan sangat berkaitan erat dengan politik negara dan dipengaruhi oleh suasana politik dari dalam maupun luar negeri. Diharapkan Staf Ahli Menhan BIdang Politik dapat memberikan masukan dan kajian kepada Menhan mengenai masalah pertahanan dari tinjauan politik.

Dengan demikian, lebih lanjut Menhan mengatakan bahwa Sertijab Staf Ahli Menhan Bidang Politik menjadi sangat strategis di dalam memantau serta menganalisa perkembangan politik di tanah air maupun di kawasan untuk kemudian dijadikan masukan bagi pimpinan dalam merumuskan kebijakan pertahanan negara.

“Perkembangan lingkungan strategis dan nasional yang sangat dinamis ini mengharuskan Kemhan untuk selalu mengkaji dan menyesuaikan kebijakan pertahanan negara agar dapat menghadapi dinamika perkembangan lingkungan strategis yang berubah-ubah”, tambahnya. (BDI/SUG)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia