Unhan RI Raih Tiga Gold Medal

Selasa, 24 September 2024

Malaysia – Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) kembali mencatatkan prestasi yang membanggakan di kancah internasional dengan meraih tiga Gold Medal, IYSA Special Award, dan penghargaan Best Project dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2024. Kompetisi ini diselenggarakan oleh International Young Scientist Association (IYSA) dan berlangsung pada 21-25 September 2024 di Mahsa University, Selangor, Malaysia.

Dalam ajang ini, Komandan kontingen UNHAN RI Kolonel Inf. Adam Mardamsyah, M.Han., membawa tiga tim unggulan yang berhasil mencatat prestasi membanggakan.

Pertama, tim ASPRO (Advanced System Professional Rescue Robot) dengan anggota tim Ariq Farras Zhafran, Gabriel Winandika Saragih, Ian Rosi Simanjuntak, M. Farrel Riadi, dan Dicky Daniel Simamarta yang telah berhasil meraih Gold Medal. Tim ini dibimbing oleh Kolonel Inf Adam Mardamsyah, M. Han., yang juga menjabat sebagai Kaprodi Teknik Informatika.

Kedua, E-team dengan proyek inovatif bertajuk “RESCUE – Recognition Enabled Security Communication Urgency Enhancer” yang beranggotakan M. Fazil Rais, M. Ilham Alfatrah, Chadafa Zulti Noorta, M. David Chaidir, , dan M. Irsyad Nurrahman yang berhasil meraih Gold Medal, IYSA Special Award, dan penghargaan Best Project. Tim ini dibimbing oleh Dr. Ir. H.A. Danang Rimbawa, S.Si., M.T., M.Tr.Opsla., CEH., CSBA., IPM., ASEAN Eng yang juga menjabat sebagai Kaprodi Rekayasa Pertahanan Siber.

Ketiga, tim dari Program Studi Kimia juga berhasil meraih Gold Medal dengan proyek mereka yang berjudul “Bioadsorbent from Cellulose Symbiotic Culture of Bacteria & Yeast (SCOBY) with Banana Peel to Adsorb Methylene Blue and Crystal Violet in Textile Industry Waste”. Tim yang beranggotakan Putry Wanda Azzida, Puspita Anisa,  Shella Athaya Miwazuki, Thesalonika Br Panjaitan,Hugapati Zaliarga Harahap ini dibimbing oleh Kolonel (Tek) Dr. Gunaryo, ST., M.T., serta beberapa dosen lainnya, yaitu Anggi Khairina H H, M.Si., Yusuf Bramastya A, M.Sc, M. Sulthon N P, M.Sc, Dr. Dewi Anggraeni S, M.Sc, dan Tedi Kurniadi, M.Sc.

Prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Kadet Mahasiswa Program Sarjana Universitas Pertahanan Republik Indonesia dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2024 ini merupakan salah satu implementasi dari penekanan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada seluruh Kadet Mahasiswa UNHAN RI untuk meneruskan pengabdian dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara, serta melakukan riset, inovasi, litbang, dan mencari solusi-solusi untuk mengatasi kesulitan rakyat dan negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia