Komitmen IKN Ramah Lingkungan, Menhan Prabowo Kerahkan 888 Motor Listrik PT Len untuk Operasional Satuan TNI

Jumat, 16 Agustus 2024

Kaltim, IKN – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengerahkan sebanyak 888 unit motor listrik buatan anak bangsa, yaitu dari BUMN PT Len Industri (Persero) guna mendukung operasional satuan TNI di sekitar IKN. Hal ini sebagai wujud dari komitmen IKN yang cerdas dan ramah lingkungan.

Pengiriman motor listrik ini dilakukan bertepatan dengan apel gelar pasukan pengamanan HUT RI di IKN pada tanggal 16 Agustus 2024 yang dipimpin oleh Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Motor listrik buatan PT Len ini memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 61%. Adapun salah satu keunggulan utama motor listrik ini adalah bebas polusi dan senyap, yang menjadikannya sangat ramah lingkungan.

“Dengan penggunaan rantis trail listrik di IKN ini, Kami harap juga bisa mengurangi polusi udara yang tidak baik saat ini. Selain itu, rantis trail listrik ini merupakan karya anak bangsa,” kata Direktur Utama PT Len Bobby Rasyidin.

Dengan kemampuan menempuh jarak hingga 110 km dan kecepatan maksimal mencapai 98 km/jam, motor listrik ini cocok untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari di IKN. Kapasitas baterai yang besar, yaitu 72V/40Ah, memungkinkan motor ini digunakan selama empat jam non-stop pada kecepatan normal 40-50 km/jam dengan kondisi jalan normal.

Secara teknis, motor listrik ini dilengkapi dengan tiga mode percepatan dan mode mundur. Fitur keselamatan seperti safety ride sudah diaplikasikan pada motor ini, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Selain itu, fitur power cut off dan keyless juga tersedia untuk meningkatkan kemudahan penggunaan dan keamanan.

Turut hadir pada acara tersebut, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, didampingi Asintel Kasdam VI/Mlw Kol Inf Faisal Rizal, Aslog Kasdam VI/ Mlw Kol Kav Dwi Irbaya Sandra, dan Dandim 0905/Bpn Kol Kav Muhamad Darwis. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia