Kemhan RI Kembali Raih Predikat “Wajar Tanpa Pengecualian”, Pada LK 2023

Senin, 5 Agustus 2024

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra, mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, memimpin acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2023, di Ruang Bhinneka Tunggal Ika (BTI), Kemhan, Senin (5/8).

Dalam sambutan Menhan Prabowo yang dibacakan oleh Wamenhan, disampaikan bahwa Kementerian Pertahanan kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Tahun 2023. Ini adalah pencapaian yang ke-6 secara berturut-turut sejak tahun 2018. Predikat ini merupakan bukti nyata atas komitmen Kementerian Pertahanan dalam mengelola keuangan negara dengan baik, transparan, dan akuntabel.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan keuangan. Penghargaan ini adalah hasil kerja bersama yang patut kita banggakan,” kata Menhan Prabowo dalam naskah pidatonya.

“Sudah sepatutnya Kemhan dan TNI selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja dan kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” demikian pidato Menhan, yang dibacakan oleh Wamenhan.

Sementara itu, Anggota I/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara-BPK RI, I Nyoman Adhi Suryadnyana, S.E., M.E., M.Ak., CSFA., CertDA., CGCAE., GRCE., CFrA., CIISA., ChFA, menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertahanan yang berhasil mempertahankan opini WTP.  “Hal tersebut merupakan kerja keras dari seluruh jajaran Kemhan dan TNI dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan negara,” ujar Nyoman.

Di akhir acara, dilaksanakan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan, yaitu LK Kemhan Tahun 2023, Manajemen Alpalhankam pada Kemhan dan TNI, Pengelolaan Dana Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia yang bersumber dari PBB dan APBN pada UO Mabes TNI, dan Efektifitas Penyelenggaraan Operasi Keamanan Laut di Wilayah Laut Yurisdiksi Nasional pada TNI AL, dari Anggota I BPK RI kepada Menhan RI yang diwakili oleh Wamenhan RI.

Turut hadir pada acara tersebut, Plt. Sekjen Kemhan, Panglima TNI yang diwakili Kasum TNI, Kasad, Kasau yang diwakili Wakasau, Kasal yang diwakili Wakasal, Plt. Irjen Kemhan dan Pejabat Eselon I, II, III Kemhan dan TNI. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia