Irjen Kemhan Wakili Wamenhan RI Menghadiri Exit Meeting Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN di Lingkungan Kemhan dan TNI Sesi II TA. 2024

Selasa, 11 Juni 2024

Bali – Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan (Irjen Kemhan) Letjen TNI Budi Prijono mewakili Wamenhan RI M. Herindra pada acara Exit Meeting Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN di Lingkungan Kemhan dan TNI Sesi II TA 2024 di Kodam IX Udayana, Denpasar, Provinsi Bali, Selasa (11/6). Kegiatan Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN Sesi II Tahun 2024 dimulai dari Tgl 3 s.d 11 Juni, yang diakhiri dengan Exit Meeting.

Dalam UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, pada Pasal 44 mengamanatkan bahwa Pengguna Barang dan/atau Kuasa Pengguna Barang wajib mengelola dan menatausahakan Barang Milik Negara yang berada dalam penguasaannya dengan sebaik-baiknya.

Dalam sambutan Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra yang dibacakan oleh Irjen Kemhan selaku Ketua Satgas menyampaikan bahwa potret kinerja instansi pemerintah termasuk Kemhan dan TNI yang tergambar pada Akuntabilitas Laporan Keuangan Instansi tersebut. Adapun faktor yang turut mempengaruhi kinerja tersebut antara lain adalah hasil penilaian atas Indeks Pengelolaan Aset (IPA). Dalam hal ini IPA menjadi alat ukur kualitas pengelolaan Barang Milik Negara yang merupakan salah satu pendukung tata kelola pemerintah yang baik (Good Governance).

Pada tahun 2023 Kemhan telah membentuk Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN yang melibatkan personel dari kelima UO (Kemhan, Mabes TNI, Mabes AD, Mabes AL, dan Mabes AU), DJKN Kemkeu, serta BPKP. Kolaborasi diantara anggota Satgas ini diharapkan dapat menjawab dan memberikan solusi terhadap kendala dan pemasalahan yang dihadapi Satker/Subsatker jajaran Kemhan dan TNI.

“Besar harapan saya, Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN beserta seluruh Satuan Jajaran Kemhan dan TNI dapat terus bersinergi mewujudkan pengelolaan BMN khususnya dalam hal pemanfaatan BMN yang tertib, berkontribusi bagi peningkatan PNBP, dan peningkatan pemenuhan kebutuhan satuan,” harap Wamenhan.

“Kepada Tim Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN, saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaannya sampai dengan pada sesi II ini. Untuk itu, terus lanjutkan pelaksanaan Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN sampai dengan berakhirnya kegiatan ini. Tetap jalankan peran Consulting dan Advisor secara optimal serta mampu menemukan potensi permasalahan yang ada dengan menawarkan solusi penyelesaian yang terbaik,” tambah Wamenhan.

Turut hadir pada acara tersebut, Pejabat Eselon I dan II Kemhan, Pangdam IX/Udayana, Kepala Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara, Kepala KPNKL Bali dan Nusa Tenggara, Danrem 161/Wira Sakti, Barreto Nunes, Danrem 162Nira Bhakti, Danrem 163/Wira Satya dan Pejabat Mabes TNI dan Angkatan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia