Wamenhan M. Herindra Terima Audiensi Plt. Gubernur Lemhannas

Senin, 3 Juni 2024

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra menerima kunjungan audiensi Plt. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Letjen TNI Eko Margiyono, di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (3/6). Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai bagaimana cara mengatasi tantangan ketahanan geo-maritim di Indo-Pasifik.

Wamenhan menyatakan perlunya upaya konkret untuk meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dalam menghadapi tantangan geo-maritim, termasuk modernisasi alutsista, peningkatan pelatihan militer, dan pengembangan doktrin pertahanan yang sesuai. Tantangan diplomasi Indonesia di kawasan Indo-Pasifik, seperti meningkatnya persaingan kekuatan besar dan perbedaan pendapat antara negara-negara, mempengaruhi stabilitas dan keamanan di Kawasan.

Audiensi ini juga bertujuan untuk menyampaikan salah satu rangkaian kegiatan Jakarta Geopolitical Forum (JGF) tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 4-5 September 2024. Kegiatan ini dapat menjadi platform yang efektif untuk mengembangkan strategi bersama dalam mengatasi tantangan ketahanan geo-maritim di wilayah Indo-Pasifik.

Saat melakukan audiensi dengan Wamenhan M. Herindra, Plt Gubernur Lemhannas sekaligus menyampaikan undangan kepada Menteri Pertahanan RI untuk hadir dalam JGF sebagai keynote speaker.

Turut hadir dalam audiensi ini adalah Plt Sekjen Kemhan Donny Ermawan Taufanto, Plt. Kabainstrahan Brigjen TNI Robi Herbawan, Plt Dirjen Strahan Brigjen TNI Ujang Darwis, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Reni Mayerni, M.P, Direktur Pengkajian Pertahanan Keamanan dan Geografi Kedeputian Pengkajian Lemhannas RI Marsma TNI Rolland Dulista G. Waha dan Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam dan Ketahanan Nasional Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia