Plt. Kapusinfostrahan Bainstrahan Kemhan Membuka Rapat Strategic Information Exchange ASEAN Our Eyes (AOE)

Selasa, 28 Mei 2024

Jakarta – Plt. Kapusinfostrahan Bainstrahan Kemhan Brigjen TNI Tri Setyo Subagyo membuka rapat Strategic Information Exchange ASEAN Our Eyes (AOE) di Ruang Rapat Chanti Dharma Bainstrahan, Kemhan, Selasa (28/5). Dalam rapat tersebut membahas “Pengaruh Konflik Timur Tengah Terhadap Perkembangan Radikalisme di Kawasan Asia Tenggara”.

Dalam sambutan pembuka, Plt. Kapusinfostrahan Bainstrahan Kemhan menjelaskan bahwa tujuan pertemuan ini untuk menghimpun berbagai informasi dan pandangan terkait adanya pengaruh konflik Timur Tengah terhadap perkembangan radikalisme di kawasan Asia Tenggara, guna meningkatkan kewaspadaan negara-negara sahabat di ASEAN dalam kerangka ASEAN Our Eyes.

“Saya juga berharap rapat ini dapat menghasilkan rekomendasi strategis yang konkret dalam menghadapi permasalahan ekstremisme berbasis kekerasan, radikalisme, dan terorisme,” ujar Plt. Kapusinfostrahan Bainstrahan Kemhan.

Di akhir acara, Plt. Kapusinfostrahan Bainstrahan Kemhan menyampaikan bahwa rapat ini telah menghasilkan butir-butir penting yang dapat menjadi perhatian pimpinan dan sebagai bahan dalam pertukaran informasi strategis di tingkat ASEAN. Lebih khusus, ditekankan bahwa ancaman terorisme, radikalisasi, dan kekerasan ekstrem masih menjadi ancaman serius bagi kawasan Asia Tenggara, bahkan semakin meningkat seiring interaksi antarbangsa yang tidak mengenal lagi batas wilayah, dan dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Hadir sebagai narasumber Direktur E Bais TNI Brigjen TNI Donni Hutabarat, Guru Besar Tetap Fisipol UKI dan Ketua Pusat Studi Papua UKI Prof. Angel Damayanti, S.IP., M.Si., M.Sc., Ph.D., Dosen HI Universitas Bina Nusantara Dr. Tia Mariatul Kibtiah, S.Ag., M.Si, serta Pejabat Eselon III dari BNPT, Sintel TNI, Bais TNI, dan Kementerian Pertahanan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia