Wamenhan Tinjau Kesiapan Pengamanan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

Selasa, 9 Mei 2023

NTT – Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/5/2023) dalam rangka meninjau persiapan keamanan KTT ke-42 ASEAN yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 Mei 2023 mendatang.

Awal kedatangan di Labuan Bajo, Wamenhan yang didampingi oleh Ses Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Oktaheroe Ramsi dan Staf Ahli Wamenhan RI Brigjen TNI (Purn) Rosdianto, mengunjungi Markas Komando Pangkalan TNI AL Labuan Bajo dan diterima langsung oleh Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agus Suhardi yang didampingi Paban IV/Opsdagri Sops TNI Kolonel Inf Kristomei Sianturi.

Selanjutnya di hari kedua Selasa (9/5/2023), Wamenhan yang merupakan Wakil Ketua Pengamanan KTT ke-42 ASEAN, meninjau kesiapan pengamanan selama berlangsungnya KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah Labuan Bajo yang merupakan tempat penginapan Presiden Joko Widodo dan Hotel Ayana Resort untuk penginapan para delegasi dari berbagai negara sahabat.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenhan menekankan kepada para petugas pengamanan untuk bersinergi dan saling bekerja sama. Selain itu juga agar mengutamakan dan memperhatikan faktor keamanan, sikap ramah tamah dan humanis sebagai tuan rumah yang baik kepada para tamu undangan di momen KTT ke-42 ASEAN Tahun 2023.
Pesan tersebut sejalan dengan arahan Menhan Prabowo Subianto terkait hubungan dan kerja sama antara TNI dan Polri, agar kedua institusi senantiasa bersinergi. Hal ini termasuk dalam hal pengamanan di KTT ke-42 ASEAN ini, di mana sinergitas dan kerja sama yang baik antara dua satuan aparatur negara tersebut akan turut berkontribusi dalam menyukseskan event besar ini.

Setelah peninjauan ke Hotel, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono selaku Ketua Pengamanan KTT ke-42 ASEAN bersama Wamenhan M. Herindra selaku Wakil Ketua Pengamanan KTT ke-42 ASEAN, didampingi Kabais TNI, Pangdam IX Udayana, Asops Panglima TNI, Pangkogabwilhan II, Asintel Panglima TNI, Direktur D Bais TNI, Direktur H Bais TNI, Direktur E Bais TNI, Dansat Inteltek Bais TNI, Komandan Geospasija Bais TNI, dan Kabagops Satgas Intel bertemu di ruang Rapat Command Center untuk membahas kesiapan satgas intel pengamanan KTT ke-42 ASEAN 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Dansatgas Intel KTT Asean 2023 Direktur D Bais TNI Brigjen TNI Taufan Gestoro menyampaikan paparan terkait monitoring teknis pengamanan dan kesiapan alat-alat pengamanan selama kegiatan KTT ke-42 ASEAN, diantaranya seperti monitoring CCTV, pengamanan di Bandara, pergerakan kapal disekitar Labuan Bajo, dan sterilisasi objek strategis terhadap kemungkinan adanya gangguan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia