Dukung Pemerintah, Kemhan Fokus pada Dua Prioritas Nasional

Selasa, 8 Maret 2022

Jakarta – Pada Tahun Anggaran 2022 Kemhan dan TNI mendukung dua dari tujuh Prioritas Nasional (PN), yakni PN memperkuat ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, serta PN memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik. Untuk itu, Ditjen Renhan Kemhan melaksanakan pengendalian, pemantauan dan evaluasi terhadap realisasi capaian Dua Prioritas Nasional (PN) tersebut, baik dari aspek anggaran serta output, maupun secara khusus dan periodik melaporkan ke Kantor Staf Presiden (KSP).

Demikian dijelaskan Direktur Administrasi Pelaksanaan Anggaran (Dirminlakgar) Ditjen Renhan Kemhan Laksma TNI Didik Rochmad Widodo, S.E., dalam wawancara di Studio Podcast Biro Humas Setjen Kemhan, Selasa (8/3).

Hal ini lebih jauh Dirminlakgar Ditjen Renhan Kemhan menyampaikan, sesuai dengan Permenhan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Program Dan Anggaran di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI, Kemhan melaksanakan Pengelolaan Program dan Anggaran sesuai dengan fungsi pemerintahan yaitu fungsi pertahanan.

“Ditjen Renhan Kemhan dalam Pengelolaan Program dan Anggaran Kemhan berfungsi sebagai pengendali fungsi, dengan melakukan beberapa hal, salah satunya mendukung kebijakan pemerintah di bidang anggaran, terkait dengan penanganan dampak pandemi Covid-19”, kata Dirdalproggar.

Selain untuk penanganan pandemi covid-19, pada anggaran belanja Kemhan dan TNI untuk TA. 2022, Ditjen Renhan Kemhan juga melaksanakan pengendalian, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang dilaksanakan Satker dan Subsatker di jajaran Kemhan dan TNI seperti belanja barang, modal dan jasa, juga mengalokasikan anggaran yang direncanakan untuk penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN). (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia