Menhan Hadiri Pelantikan Perwira Remaja TNI dan Polri di Akmil Magelang

Jumat, 13 Juli 2012

04af04cd689ea1943b617639b9dda711Magelang, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kamis (12/7) menghadiri acara pelantikan perwira Remaja TNI dan Polri di lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah. Para Perwira Remaja TNI dan Polri tersebut dilantik secara langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2012.

Hadir pula pada acara tersebut Ibu Negara Hj. Ani Susilo Bambang Yudhoyono,  sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Panglima TNI, Kapolri,  Kasad, Kasal dan Kasau serta sejumlah pejabat di jajaran TNI dan Polri.

Para Perwira Remaja yang dilantik tersebut adalah para Taruna Tingkat IV Akademi TNI (Akmil, AAL dan AAU) serta Akpol yang telah dinyatakan lulus pendidikan di akademinya. Taruna yang dilantik menjadi Perwira Remaja TNI dan Polri berjumlah 836 orang terdiri 302 Taruna Akmil, 95 orang Taruna AAL, 124 orang Taruna AAU dan Taruna Akpol terdiri dari Taruna 273 orang dan Taruni 42 orang.

Untuk Taruna Akademi TNI dilantik menjadi Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua (Letda) TNI, sedangkan untuk Taruna Akpol akan dilantik menjadi Perwira dengan pangkat Inspektur Dua Polisi (Ipda). Selain dilantik menjadi perwira TNI, untuk para Taruna lulusan Akademi TNI juga berhak menyandang gelar Sarjana Sains Terapan Pertahanan.

Presiden RI dalam amanatnya, menyampaikan ucapan selamat kepada para Perwira yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dengan baik dan menjadi Perwira Remaja yang siap mendharmabaktikan jiwa dan raga untuk bangsa dan negara.

Dengan gelar kesarjanaan yang diraih,  Presiden RI yakin para perwira nantinya akan dapat mengemban tugas negara dengan lebih baik lagi serta lebih siap menghadapi berbagai persoalan dan dinamika penugasan di dunia militer yang semakin syarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lebih lanjut Presiden RI mengatakan, mulai hari ini dan kedepan para Perwia akan menjalani profesi di bidang ketentaraan dan kepolisian di tempat penugasan masing-masing di seluruh tanah air. Oleh karena itu, Presiden RI berpesan kepada para perwira remaja untuk mempersiapkan diri dengan baik agar setiap penugasan yang dibebankan dapat terlaksana dengan sukses.

“Kalian akan menempuh perjalanan yang panjang dalam pengabdian sebagai seorang tentara maupun polisi, profesi yang berat tapi mulia, profesi yang menuntut persiapan fisik, mental dan pengetahuan serta tidak pernah sepi dari ujian dan cobaan”, jelas Presiden RI.

Menurut Presiden RI, hanya mereka yang kuat, teguh, sabar dan ikhlas dalam dalam menjalankan tugaslah yang akan benar – benar sukses termasuk yang akan mencapai puncak karier tertinggi sebagaimana yang dicita-citakan.

Praspa merupakan tonggak awal dari dharmabakti para Perwira Remaja untuk membaktikan diri kepada rakyat, bangsa dan negara. Para Perwira akan memulai penugasan sebagai Perwira Remaja TNI dan Polri di tengah dunia yang semakin sangat dinamis. Dunia yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman dan tantangan pertahanan dan keamanan yang semakin kompleks.

Untuk itu, lebih lanjut Presiden RI mengingatkan agar segenap jajaran pertahanan dan keamanan termasuk para Perwira Remaja nantinya harus siap mengemban tugas yang penuh tantangan tersebut.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia